Robotika

Blog komunitas Robot Universitas Gunadarma

Archive for the 'News' Category

11 27th, 2012

ROBOT MADE IN INDONESIA

Robot adalah sebuah alat mekanik yang dapat melakukan tugas fisik, baik menggunakan pengawasan dan kontrol manusia, ataupun menggunakan program yang telah didefinisikan terlebih dulu (kecerdasan buatan)
dan siapa bilang yg bisa bikin robot cman negara maju kaya amerika serikat,jepang dll Siapa bilang putra Indonesia tidak mampu menciptakan teknologi perang, seperti produksi Amerika Serikat atau negara maju lainnya.

Robot Penjinak Bom Indonesia

”Ukurannya 1,5 m kali 0,5 m dengan berat sekitar 100 kg. Robot ini memiliki mesin penggerak dua roda,dan mampu mengangkut beban hingga sekitar 150 kg, kecepatan maksimalnya bisa mencapai 60 km/jam,” terangnya.

Meski dinyatakan belum sepenuhnya sempurna, namun robot tempur ini memiliki kemampuan yang setara dengan robot tempur impor. Selain dapat dikendalikan secara jarak jauh, robot ini dilengkapi dengan kamera pengintai sebanyak enam unit, dan sensor ultrasonic untuk mengenali setiap hambatan yang dihadapi.

”Kami juga memasang dua senjata perusak pada robot ini, yakni senapan mesin ringan (SMR) jenis Minimi kaliber 5,56 mm, dan roket anti tank Estalansa caliber 90 mm yang bisa dioperasionalkan dari jarak jauh,” keren kan

Penjinak Bom

Robot pengintai tersebut diberi nama Morolipi v1.0, sebuah mobil robot penjinak bom yang dikembangkan oleh LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) di tahun 2004, kemudian dilanjutkan hingga tahun 2008.

Robot Morolipi v1.0 tersebut dirancang dengan spesifikasi :

* Panjang 1 meter dan lebar 1 meter, tinggi 90 cm

* Bobot 80-100 kg.

* Mampu berjalan di permukaan yang datar ataupun menaiki tangga dengan kecepatan 3 meter per detik tanpa menggunakan energi karena menggunakan kopling elektrik.

* Memiliki dua ruas lengan dengan panjang 70cm dan dapat bergerak bebas ke lima arah, berputar 360 derajat, juga menekuk,

* Terdapat gripper sebagai alat penjepit dan pemotong kabel di bagian ujung lengannya,

* Didukung dengan camera, sensor inframerah, pengontrol artikulator dan artikulator yang dapat mengirimkan detail gambar ke komputer,

* Dikendalikan dengan jarak maksimal 6km dengan menggunakan atau joystick.

* Memiliki rangkaian elektronik penggerak mulai kontak dengan roda penggerak, lengan, kopling elektronika mekanisme melewati tangga, serta pengontrol supervisor untuk memudahkan pengoperasian,

* Dapat memotong kabel berukuran 2 mm yang mengalirkan arus listrik itu sebelum sampai ke bahan peledak.

* Bahan bakar yang digunakan untuk menggerakkan robot berupa aki listrik,

* Memiliki 4 roda vespa delapan inci, plus sabuk roda untuk membantu menaiki tangga tanpa terpeleset,

* Harga lebih murah 50 persen dibanding robot penjinak bom import

Robot Pengambil Air minum

Siswa di SMP Penabur Gading Serpong, Michael Limanto, Gerald Sebastian, dan Patrick Wicaksono, membuat robot Delta Easy Water Supply. “Idenya kan orangtua capai baru pulang kantor. Anak disuruh ngambil air minum mengapa enggak dispensernya jalan aja sih,” kata Michael, si pencetus ide awal, kemudian ia bergabung dengan dua temannya untuk membuat implementasinya.

Robot stik eskrim

Meski terbuat dari stik es krim dan barang bekas lainnya, namun robot-robot tersebut cukup memiliki kemampuan yang luar biasa. Robot dibagi dalam dua kategori, yaitu sumo dan ketapel. Robot sumo merupakan robot aduan, sementara robot ketapel memiliki kemampuan melempar beban terjauh. keren ya den anak Sd Indonesia ane jd bangga

Robot Pemadam api

nah ini mobil pemadam buatan mahasiswa ugm dan UNIKOM gan,,,, untuk mademin api jadi ni robot pny sensor untuk mendeteksi api jd kalo ade api ni mobil lngsung bergerak dan nyari api ntu langsung deh di mademin pake kipas yg ada pada robot ni,,, keren kan den..

Ada jg robot pemadam api buatan indonesia tapi berbeda jenis gan yg ini punya roda gan ada yg seperti bentuk tank tempur dan seperti traktor gan,,

Robot Pemain angklung

Dua siswa SMP dari Bandung–Karismanto Rahmandika, siswa SMP Negeri 14, dan Krisna Diastama, siswa SD Islam Ibnu Sina-menciptakan Klungbot, robot yang bisa memainkan angklung. Robot ini bisa menggantikan sejibun pemain angklung untuk sebuah konser.

Dalam menciptakan robot pemain angklung ini, Krisna menggunakan robot Lego Mindstorm. Untuk membuat si robot bekerja, ia menerjemahkan nada-nada musikal menjadi bahasa program. Ia melakukannya dengan perangkat lunak LeJOS yang biasa digunakan untuk Lego. Bahasa program inilah yang kemudian diterima oleh bagian penerjemah pesan yang terhubung lewat Bluetooth dan selanjutnya ke penggerak.

Ide untul menciptakan klungbot didapatkan ketika ia melihat pertunjukan angklung. Ia berkomentar, betapa rumitnya memainkan angklung itu, butuh sangat banyak orang dan koordinasi yang rumit sehingga ketukan dan nadanya pas. Dengan menggunakan klungbot, musik angklung bisa dinikmati dengan mudah dan tanpa proses yang rumit untuk memainkannya.

Selain menciptakan alat yang diikutkan dalam National Young Inventor Awards di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia ini, Krisna juga menciptakan robot pemain alat musik berbahan botol yang diisi air dan robot pemain drum. Kedua alat musik itu juga dapat dimainkan bersamaan dengan angklung sehingga bisa memproduksi suara bak musik simfoni. Hingga kini, Krisna telah membuat beberapa lagu daerah yang sudah siap dimainkan dengan klungbot, seperti “Burung Kakak Tua”.

Robot Penari

Robot Penari Jaipong,buatan PENS ini sanagan unik Begitu lagu “Bubuy Bulan” diperdengarkan, maka robot bikinan mahasiswa yang diikutkan dalam KRSI itu menari sesuai alunan irama jaipong. lalu, itu pun tampak puas dibuatnya. Robot penari jaipong lomba diletakkan di atas panggung, masing-masing berada di dalam lingkaran putih berdiameter 2.000 mm. Lingkaran ini sebagai batas gerak robot dalam melakukan gerakan tari mengikuti alunan musik jaipong.

Penari Pendet

Robot Penari Pendet,yang bernama Putu Ayu dalam ajang KRSI yang diadakan oleh dikti robot ini peringkat kedua,karena keunikannya robot buatanyg juga buatan robotik PENS-ITS Lewat lima mahasiswanya, yakni Endy, Prasetya Hutomo, Andrew, Garry Hadinata, serta Charles Arista Salim, mereka berhasil meraih juara II dalam Melalui berbagai tahap seleksi,Robot yang bernama dewi ini punya kemampuan kemampuan membedakan sensor suara, land tracer, gerakan tari pendet, dan punya 22 sendi .Dan robot ini juga punya kelebihan lain gan Robot ini memiliki beberapa kelebihan. Selain bisa berjalan sembari menari Pendet, ketika berhasil melewati setiap rintangan, selain menari pendet Dewi mampu menarikan tarian khas Bali itu dengan gerakan yang berbeda.

7. Recorobo robot cerdas bisa bicara

TECHNOVISION dengan bangga mempersembahkan RECOROBO, robot cerdas yang bisa menyapa orang. RECOROBO sangat bersahabat, menyapa kepada setiap pengunjung dengan mengucapkan “selamat datang”, “Silakan mengambil brosur” serta bermacam-macam sapaan lainnya. Robot ini juga sangat sopan. Ketika ada orang menghalangi jalannya, dengan lembut robot ini akan berbicara “permisi, aku akan lewat”. Bahkan ketika RECOROBO kehabisan tenaga, dia pamit ke semua orang disekitarnya “aku istirahat dulu ya..” begitu katanya. RECOROBO pernah sekali tampil di acara PESTA BUKU YOGYAKARTA 2010 bulan Maret 2010 lalu. Begitu bersahabatnya, sehingga tak khayal bila robot ini sangat digemari banyak Pengunjung

RECOROBO merupakan buah karya anak negeri yang hebat. Bila Anda adalah pemilik perusahaan atau saiapa saja yang ingin menawarkan produk dengan cara yang unik, maka RECOROBO siap membantu Anda. Dengan kecerdasan yang dia miliki, siap menawarkan produk baru Anda kepada setiap konsumen.

Bekerja sama dengan Bapak Listiyanto (Penerbit GAVA), RECOROBO diciptakan di markas TECHNOVISION (belakang PERTAMINA Jl. Monjali Yogyakarta), sengaja didesain untuk membantu program promosi sekaligus menarik perhatian pengunjung

8. Robot Transformer “Made in indonesia”

Kalau Anda pernah menonton film Transformers, ada robot berwarna hijau bernama Skids. Nah, robot tersebut hadir pada ajang IIMS 2010 di JIExpo dan mejeng di booth GM Autoworld Indonesia. Dan Anda pasti mengira benda tersebut didatangkan langsung dari Amerika.

Ternyata, robot Skids Transformers itu buatan putra Indonesia. Kompas.com kebetulan jumpa dengan Martin, Account Director PT Bermuda Communication, yang membuat Skids bersama timnya.

Kami lebih kaget lagi ketika Martin menyebutkan soal lama proses pembuatan. “Hanya sebulan,” ucapnya. Ia bungkam ketika ditanya soal biaya pembuatan. Sebelum digarap dengan timnya, ia sudah menawarkan hal itu kepada beberapa supplier. Namun, semuanya sanggup mengerjakan paling cepat tiga bulan.

Martin menjelaskan, tim yang membuat Skids terbagi ke beberapa bagian. “Dimulai dari bagian rangka besi, fiber, resin, dan finishing. Semuanya berjumlah sekitar 15 orang, sudah termasuk dengan pemimpin proyeknya,” tambahnya.Dia mengakui, bagian tersulit saat pembuatan robot adalah bagian kepala karena banyak pernik-pernik berukuran kecil



dasar robotika….. 1

Author: chiren
02 24th, 2011

sebelumnya….apa sih yang terlintas dipikiran ketika ketika mendengar kata robot???

-Transformer

-ASHIMO

-alat2 otomasi di perindustrian

-film I,robot , bicentialman, A.I, astro boy, doraemon#emang doraemon robot????hehehe…kucing ajaib ya si doraemon…. bisa mengeluarkan banyak alat dari kantong ajaibnya…..<klo yg soal film itu emang dr imajinasi saya…klo udah ngomongin robot.langsung jawabnya “ohh, yg kyk di film ini yah…atw film itu yach……. :D>

-wall-e <ini film br ditonton setelah ikut klub robotika…. :D>

naahhh…… dari sekian banyak film yang saya sebutkan diatas, mana yg sudah pernah di tonton???#intermezzo sejenak

:)…..:)

ya….banyak film yang sudah memberikan gambaran tentang robot….#yang belum nonton disarankan untuk menonton…..

hehehe……

#serius ON wajib tahu…….

3hukum dasar dan mutlak dalam robot:

3 Hukum Robot. Yang berbunyi :
1. Sebuah robot tidak boleh melukai manusia.
2. Sebuah robot harus mematuhi perintah apapun yang diberikan oleh manusia kepadanya, kecuali perintah tersebut akan bertentangan dengan hukum pertama.
3. Sebuah robot harus melindungi dirinya sendiri selama perlindungan tersebut tidak bertentangan dengan hukum pertama dan hukum kedua.

mw jelas ttg 3 hukum di atas, mungkin akan lebih dipahami klo udah nonton film I,robot#promosi lg….


nah, sekarang kita mulai dengan sedikit penjelasan tentang dasar-dasar robotikan itu sendiri…..

klo kita liat di internet dan baca dr buku, robot itu sendiri memiliki sistem…..

kenapa saya bilang sistem….robot itu ga berdiri sendiri ,,,yang kita bikin atau kita sulap langsung jadi…..simsalabim jadi apa prok…prok….prok…. 😀 #kidding


3hal yang menjadi dasar dalam robotika, dan ini adalah sebuah kesatuan mutlak, yang g bisa berdiri sendiri2

-> mekanik, elektronik dan programming….#waallaaahhh…apapula ini, br denger aja udah pusyiiingg 🙁

#tenang..tenang…kita akan pelajari satu, satu….. 🙂


  1. mekanik : harus tw betul susunan mekanik sebuah robot…torsi untuk mobile robot….keseimbangan untuk humanoid biar kuat berdiri….berat robot….#nanti ada penjelasan lg kok tenang saja… :D*saya jg sdg belajar
  2. elektronik : nah, yang ini harus tw bagaimana pembagian daya untuk motor, daya untuk sensor, terus, karakteristik sensor ini, daya yang dibutuhin, bikin rangkaian tambahan untuk mengimbangi daya yang keluar dan daya yang masuk, biar ga short a.k.a nyetrum 😀 dan  biar g overdaya supaya ga meledak*pengalamn pribadi….
  3. programming : nah, yang ini urusan nya sama kompi….utak-atik prosedur A, prosedur B biar robotnya bisa jalan sesuai algoritma yang diberikan…..nah, lewat program jg diberikan logic untuk mengerti mana yang harus dilakukan dan mana yng g boleh dilakukan…

so, robot jg punya aturan maen biar ga jd salah penggunaan… 🙂

mw tw lebih banyak tentang mekanik, elektronik dan pemrogramannya…..

selain ada yang sudah di posting oleh kaka2 dari klub robotika gunadarma CERC

nanti postingan baru……

untuk referensi bisa berkunjung ke

# www.psico_zone@wordpress.com

# wwwgedex.web.id

# pitowarno,endra” Robotika dan Desain Kontrol dan Kecerdasan Buatan”, 2006, Penerbit Andi Yogyakarta, Surabaya

penulisan ini masih membutuhkan banyak saran, kritik  dan kembali mari kita sama2 membuka wawasan…



01 4th, 2010
1 Widya Agsari 11408056 SM T El 3 Pengendalian Lengan Robotik Berbasis Mikrokontroler AT89C51 Menggunakan Tranduser Elektronik
2 Thomas Kurniawan 53409722 1IA05 Rumah Masa Depan – Penggabungan Pengenal Suara dan Robot
3 M. Rasyid Kurniawan I 50408544 2 IA 01 Programming Robot Susah? Microsofts Robotic Studio Aja


12 16th, 2009

Pada penyelenggaraan Lomba Penulisan Artikel bulan Desember 2009, pendaftaran peserta dan posting artikel diperpanjang hingga tanggal 20 Desember 2009 pukul 15.00. Pengumuman pemenang akan diinformasikan selanjutnya.



12 10th, 2009

Pernah nonton Transformer? Terminator ? Wall – E ? I, Robot dan film – film mengenai teknologi robotika?
Jika iya, kita melihat bahwa film yang menceritakan tentang interaksi antara robot dan manusia. Namun dari kesemua film – film tersebut, rata – rata memiliki alur cerita yang hampir sama. Misalnya saja film Wall – E yang menceritakan tentang bagaimana kehidupan manusia yang akan datang, tentang bagaimana bumi sudah terisi penuh dengan sampah sehingga diciptakanlah sebuah robot yang bernama Wall – E untuk membersihkan sampah. Lama – kelamaan, seluruh manusia pergi ke luar angkasa karena bumi sudah penuh dengan sampah sampai – sampai hanya tersisa 1 buah pohon yang dijaga oleh Wall – E, penghuni satu – satunya bumi. Singkat cerita, sistem robotika yang ada pada pesawat manusia di luar angkasa berubah menjadi musuh manusia karena tidak mengijinkan manusia untuk kembali ke Bumi.

Read the rest of this entry »



01 8th, 2009

arena 3D

Klik Gambar untuk memperbesar



10 31st, 2008
Robot’s Name
Team Leader
Contact Number
Team Member
Instructor
Institution
Country
HOPE
Vektor Dewanto
0813.2865.3693
M Sakti Alvissalim
Abdul Muis ST, M.Eng, Ph.D
Universitas Indonesia
Indonesia
JOGYAKARTO
Agung Supriyanto
0811.250.614
Harmoko
Ir. Priyatmadi, MT
Universitas Gajah Mada (UGM)
Indonesia
POLBANBBOT
Rendy Ariffian
0852.9430.0083
Maknun Ginanjar
Tata Supriyadi, ST
Politeknik Negeri Bandung (POLBAN)
Indonesia
AL-JAZARI
Zulfaisal
0852.6525.7554
Rully Ria Pratama
Dadang Iqwandy, ST
Politeknik Caltex Riau (PCR)
Indonesia
NEW CLEAR
Achmad Zulfikar Fauzi
031.7044.5507
Sholikin
Dr. Tri Arief Sardjono ST. MT
Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Surabaya (ITS)
Indonesia

TEUBOTS TANKBER

CAPITS

Nino Dimasti
0856.4641.1119
Rayi Yanu Tara
Adharul Muttaqin, ST, MT.
Universitas Brawijaya
Indonesia
BLACK LIGHT TEUS
Aditya Eka PS
0838.5899.526
Ade Ariesta
Hendi Wicaksono Agung D
Universitas Surabaya (UBAYA)
Indonesia
G-R
Nur Fatkan Yuanto
0856.3312.336
Agus Suhariyanto
Fernando Ardilla, S.ST
Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
Indonesia
WARAWIRI
Ahmad Taufik
021.7888.1112
Yulita Gracia
Nur Frandianto Wijaya, S.Kom
Universitas Gunadarma
Indonesia
TEKOM-205
Dedi Hermanto
0815.6862.962
Nur Rachmat
Abdul Rahman, S.Si
STMIK Multi Data Palembang
Indonesia
THE DENPA FINAL
Taichi Kojima
+81.96.242.6066
Hiroki Kuguyama
Prof. Kiyoteru Hayama
Kumamoto National College of
Technology
Japan
TOKYO-TECH-SSR
Tomomichi Onoe
+81-90-6888-5395
Soichi Uchiyama –
Yusuke Nagai
Kenichiro Fukushi
Tokyo Institute of Technology
Japan

Last Updated ( Thursday, 09 October 2008 )

Sumber : Situs IJE Robocon 2008



Rule Game IJE Robocon 2008

Author: Admin Web
10 31st, 2008

Dua robot autonomous (otomatis) akan saling berhadap-hadapan dalam pertandingan ini untuk memperebutkan posisi-posisi api dan memadamkannya dalam waktu 3 menit dan menyelamatkan boneka bayi dengan mengangkatnya dan memindahkannya ke posisi HOME masing-masing. Robot yang paling banyak memadamkan api – yang dihitung berdasarkan skor posisi api yang berhasil dipadamkan dengan sah – dan menyelamatkan boneka bayi akan menjadi pemenang.

Pemenang juga ditentukan dari siapa yang paling cepat (dalam rentang 3 menit) memadamkan lilin-lilin pada posisi tertentu dan memindah boneka bayi ke HOME masing-masing.



Informasi KRI dan KRCI 2009

Author: Admin Web
10 4th, 2008

Menurut Dr. Endra Pitowarno sebagai salah satu dewan Juri KRI dan KRCI dari Milis KRI & KRCI yang kami terima.

Berdasarkan hasil rapat tertanggalHari Senin, 15 September 2008 kemarin adalah rapat pertama koordinasi dewan juri KRI-KRCI 2009 yang diadakan di gedung DIKTI Jl. Pintu Satu Senayan – Jakarta, menetapkan beberapa hal diantaranya :

  • Kontes Robot Indonesia (KRI) 2009
    1. Tema ABU Robocon 2009 di Tokyo-Jepang

      Travel Together for the Victory Drum

    2. Karena Mengacu pada ABU Robocon 2009, maka tema KRI 2009 akan disesuaikan dengan ABU Robocon 2009 di Tokyo-Jepang.
    3. Untuk KRI 2009 belum ada pengumuman … tema secara Indonesia ( mungkin : napak tilas Perang Bersama Jendral Sudirman)
  • Kontes Robot Indonesia Cerdas (KRCI) 2009
    1. Divisi Senior Beroda: standar seperti tahun 2008
    2. Divisi Senior Berkaki: Tema “HUMANOID/ANIMALOID”
      Dalam divisi ini unsur seni dan aspek biologically inspired akan diutamakan. Jadi unsur-unsur mekanisme gerak yg tidak mengacu pada gerak makhluk hidup akan dijadikan perhatian utama dalam evaluasi laporan perkembangan (setelah proposal). Lapangan pertandingan seperti tahun 2008. (Keterangan rinci akan diumumkan kemudian)
    3. Divisi Expert Single: standar seperti tahun 2008.
    4. Divisi EXPERT BATTLE: adalah divisi baru untuk mengganti
      divisi Expert Swarm tahun lalu. Rule divisi Expert Battle diadopsi sepenuhnya dari rule of IJE Robocon 2008 (lihat disini)
  • Tempat dan Tanggal Pelaksanaan Regional
    Pelaksanaan KRI-KRCI 2009 di tingkat regional menjadi 5 (lima) lokasi, yaitu :

    Regional Kota Perguruan Tinggi / Institut Tanggal Pelaksanaan
    I Pekan Baru Politeknik Caltex Riau 25-26 April 2009
    II Jakarta Universitas Indonesia 9-10 Mei 2009
    III Yogyakarta Universitas Gajah Mada 25-26 April 2009
    IV Surabaya Institut Teknologi Surabaya 2-3 Mei 2009
    V Makassar Universitas Hasanuddin 2-3 Mei 2009
  • Batas dan Ketentuan Proposal
    1. Batas pengiriman proposal KRI KRCI 2009 Tahap pertama :

      02 Januari 2009

    2. Setiap Perguruan Tinggi hanya berhak mengirim satu proposal untuk KRI dan masing-masing satu proposal untuk satu divisi dalam KRCI


Maaf Lahir Bathin

Author: Admin Web
09 26th, 2008

Seluruh Crew

Computer Engineering Robotic Club

Universitas Gunadarma

mengucapkan :