Robotika

Blog komunitas Robot Universitas Gunadarma

Archive for the 'Lomba Mahasiswa' Category

Robot di Masa Depan

Author: Riyanto Wibowo
12 20th, 2009

Pasti kamu pernah bertanya-tanya seperti apakah robot di masa depan. Dan kita juga sering menghayal, misalnya seandainya saja ada robot yang bisa mengemudikan kendaraan ketika kita ingin berpergian atau seandainya saja ada robot yang bisa menggantikan posisi kita saat mengerjakan kegiatan sehari-hari.

Ternyata sekarang hayalan itu telah menjadi kenyataan. Jika kita menginginkan robot pengemudi mobil, saat ini para peneliti di Massachusetts Institute of Technology (MIT) sedang menciptakan sebuah in-car personal robot yang diberi nama Affective Intelligent Driving Agent (AIDA). Robot ini didesain untuk menawarkan semacam fungsi sebagai co-driver yang bersahabat. Beragam teknologi dalam jumlah besar akan digunakan untuk mengendalikan kendaraan hingga pada akhirnya mengarah pada teknologi kendaraan yang dapat mengemudi sendiri.

Robot di Masa Depan
Affective Intelligent Driving Agent (AIDA)

Pernahkan kamu menonton film Surrogates? Film ini menceritakan masa depan dimana semua kegiatan manusia digantikan oleh robot kloningan manusia tersebut. Dan ternyata, sebuah perusahaan di Tokyo yang bernama Kokoro telah mampu membuat robot kloningan yang sangat mirip dengan manusia. Robot kloningan tersebut akan dibuat semirip mungkin dengan si pemesan, baik dari segi wajah, rambut, mata, dan tubuh. Yang mungkin akan membuat si pemesan semakin tercengang adalah karena si robot kembarannya tersebut juga bakal memiliki suara, ekspresi wajah, dan gerak gerik tubuh bagian atas yang mirip dengan dirinya. Mungkin robot kloningan ini merupakan asal mula dari robot kloningan yang ada di film Surrogates.

Robot di Masa Depan
Robot Kloningan

Revolusi perkembangan teknologi robot memang sungguh cepat saat ini, bahkan banyak proyek pengembangan teknologi sudah dipersiapkan untuk banyak kebutuhan manusia di masa depan. Bisa jadi banyak aspek dan keseharian kita di masa depan tidak terlepas dari teknologi robot dan sistem otomatisasi kerja yang sangat canggih disegala bidang.

Robot tak cuma pintar menjalankan perintah saja, seperti yang sekarang banyak dipekerjakan di industri mobil dan elektronik. Robot di masa depan diramalkan lebih mandiri, mampu membuat analisa dan menambil keputusan. Di bawah ini merupakan robot-robot yang diramalkan akan menemani kita di masa depan.

Robot di Masa Depan
Robot mainan anjing ini dibuat memiliki perilaku sama dengan aslinya

Bahkan dalam aspek rumah tanggapun sangat dimungkinkan sistem otomatisasi robot akan banyak membantu pekerjaan dan kegiatan manusia seperti baby sitter.

Robot di Masa Depan
Anakpun bisa diasuh oleh baby sitter robot

Robot di Masa Depan
Pelayan dan koki yang masak pun bisa digantikan robot

Robot di Masa Depan
wah Kenny G atau Dave Coz bisa pensiun gini caranya

Namun relakah pekerjaan atau profesi kita suatu hari nanti akan digantikan oleh robot-robot ini? Mungkin bagi seorang bos akan memilih robot-robot ini dibandingkan dengan kita, karena robot-robot ini lebih mudah diperintah dan tidak pernah membangkang. Mau tidak mau, kita harus siap berkompetisi dengan robot-robot ini dalam bekerja dan menjalani profesi kita. Namun bagaimanapun juga manusia memiliki banyak keunggulan yang masih susah untuk digantikan oleh robot sepintar apapun, yaitu perasaan, nalar dan emosi termasuk didalamnya cinta kasih.

Sumber : Detikinet.com, Rileks.com, Ruanghati.com

karya :

Riyanto Wibowo



Robot Bawah Air Lebih Efisien

Author: Feby Nur Fattah
12 20th, 2009

Banyak robot yang telah diciptakan oleh ilmuwan seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat. Mulai dari yang sederhana sampai yang paling rumit. Mulai dari yang multifungsi sampai yang hanya bisa menjalankan satu eksekusi. Wilayah kerjanya pun mencakup darat, laut dan udara. Namun, perkembangan teknologi dalam air kurang mendapat perhatian dari masyarakat. Masih banyak kegiatan bawah air yang dilakukan sendiri oleh manusia tanpa bantuan robot, seperti pengamatan bawah laut. Pengamatan bawah laut yang dilakukan manusia memiliki beberapa resiko yaitu adanya area-area yang sulit dijangkau manusia serta resiko bahaya yang tinggi akibat serangan hewan buas. Oleh karena itu, robot yang mampu bergerak bebas di dalam air sangat dibutuhkan untuk membantu tugas manusia.

Secara umum, berdasarkan sistem pengendaliannya robot bawah air dibagi menjadi menjadi dua jenis yaitu Autonomous Underwater Vehicles (AUV) dan Remoted Operated Vehicles (ROV). AUV adalah kendaraan bawah air yang mampu bergerak di dalam air secara otomatis tanpa adanya kontrol langsung dari manusia. Sedangkan ROV adalah kendaraan bawah air yang gerakannya dikendalikan secara langsung oleh manusia melalui remote kontrol dari atas permukaan air. Robot penyelam termasuk dalam jenis robot atau kendaraan bawah air yang tergolong ROV.

Robot penyelam adalah robot yang mampu bergerak di dalam air. Gerakan yang dapat dilakukan adalah naik dan turun/menyelam. Gerakan ke atas timbul akibat adanya gaya dorong dari putaran propeller, sedangkan untuk gerak menyelam disebabkan oleh berat beban dari robot (saat kondisi motor off). Robot ini dikontrol dengan menggunakan remote kontrol 4 kanal yang menggunakan RF. Robot dijalankan untuk 5 keadaan yaitu start, naik, turun, kembali ke posisi semula, dan menghentikan robot. Perencanaan sistem meliputi perencanaan driver, mekanik, dan software. Sebagai penggerak propeller-nya, robot ini menggunakan motor DC 9 volt. Robot ini menggunakan mikrokontroler AT89C2051. Perencanaan mekanik dari robot meliputi perangkaian gear box, shielding poros propeller, dan perancangan beban. Shielding poros propeller menggunakan karet oring. Beban yang digunakan dipasang di sekeliling robot agar lebih seimbang. Robot ini diuji di dalam akuarium dengan kedalaman sekitar 70 cm. Saat pengujian diperoleh kecepatan gerak naik rata – rata 16,29 cm/detik dengan massa total robot sebesar 1510 gram, dan volume robot 1225 cm³. Karena dasar badan robot berbentuk datar, maka jarak minimal propeller 1,8 cm.

Salah satu contoh pemanfaatan robot bawah air, khususnya robot ROV, adalah seperti yang digunakan oleh PT. Ratu Prabu Energy Tbk (ARTI). ROV tipe Vector M5 merupakan robot portable yang beroperasi di bawah air untuk melaksanakan pekerjaan eksploitasi, inspeksi, perbaikan serta perawatan. Dengan daya selam 1.000 meter alat ini dikhususkan bagi proyek minyak dan gas bumi lepas pantai.

Tampak Depan ROV

Menurut Daniel Yudi, Marine Departement Manager ARTI, dibanding penyelam manusia, robot ini dapat mempersingkat waktu kerja dan mengurangi risiko kecelakaan khususnya dalam menghadapi kondisi laut yang tidak menentu. “Dengan menggunakan robot ini, biaya operasional bisa dipangkas hingga 50%,” ujarnya.

ROV dan Bagian-bagiannya

Sumber: www.eepis-its.edu/uploadta/downloadmk.php?id=864

http://dewey.petra.ac.id/jiunkpe_dg_1957_6.html

http://saham-valas.infogue.com/ratu_prabu_launching_robot_rov_vector_m5

Karya :

Feby Nur Fattah



Kursi Roda Dengan Laser Vision

Author: Miftah Hazmi
12 11th, 2009

Perkembangan teknologi robotik secara esensi seperti teknologi lainnya adalah sebagai alat untuk membantu segala keperluan manusia tak terkecuali bagi orang cacat sekalipun. Dengan kursi roda yang tidak dikendalikan oleh manusia atau remote namun dengan keadaan lingkungan sekitar kota ini adalah alat yang sangat baik digunakan bagi orang buta. John Spletzer dari Lehigh University Bethlehem, Pennsylvania berpendapat bahwa teknologi dapat diibaratkan seperti tangan, kaki, atau mata sebagai kemampuan untuk beriteraksi dengan lingkungan sekitar. Dari penemuannya ini Spletzer mendapat penghargaan CAREER Award dari National Science Foundation (NSF) karena pengembang Robotic Wheelchair ini. Read the rest of this entry »



Programming Robot Susah ? Ms. Robotic Studio aja.

Author: Mochamad Rasyid Karuniawan I.
12 10th, 2009

Hmm…setidaknya itulah image yang saya dapat saat saya mengikuti workshop mengenai Robotika pada awal tahun 2008. Workshop tersebut diadakan oleh Microsoft Corp. dalam rangka memperkenalkan produk baru mereka ( mungkin sekarang hal ini sudah menjadi biasa di dunia per -robotika-an… 😛 ) yaitu Microsoft Robotic Studio. Pada awal workshop, pembicara menjelaskan mengapa kita perlu mempelajari robot dari sekarang, lalu mengapa kita butuh robot dimasa yang akan datang, dan masih banyak lagi yang ia bicarakan ( saya terlalu sibuk memperhartikan sekeliling…sendirian soalnya…hehe… 😛 ).

X : Alesan aja…bilang aja males dengerin kan…ohoho..

Eh, ada X juga ternyata di blog ini…kirain cuman di Blog Saya aja ada kamu, X…hahah…Nah, setelah pembicara selesai, kemudian kita ( para peserta workshop ) langsung praktek. Sebelumnya, para peserta sudah diberitahukan untuk membawa laptop yang dilengkapi dengan fasilitas Bluetooth…Pada sesi kali ini, para peserta diminta untuk melakukan instalasi Ms. Robotic Studio terlebih dahulu pada laptop mereka agar nantinya akan mudah untuk melakukan programming..

Program Ms. Robotic Studio merupakan Visual Programming Language sehingga memanjakan para programmer. Mereka hanya perlu melakukan aktifitas drag and drop dari fasilitas yang sudah disediakan. Lebih lanjut, program ini juga memiliki fasilitas yang mirip dengan fasilitas Relationship pada Ms. Access sehingga kita bisa menghubungkan Event yang satu dengan yang lain…

Read the rest of this entry »



Robot NXT LEGO MINDSTORM

Author: Dewi Fitriya Wati
12 9th, 2009

Sedikit berbagi pengalaman, saya pernah mengikuti lomba robot pada tanggal 19 dan 21 Maret 2009,yang diadakan di Universitas Gunadarm nama lombanya Gulifobot 2009. Pada lomba ini ada 2 macam tipe perlombaan,

1. Line follower rakitan dimana para peserta merakit sendiri robot yang akan dibuat mulai dari komponen – komponen nya sampai berbentuk robot yang lengkap dengan program nya sehingga dapat mengikuti garis yang ditentukan, program yang digunakan biasa nya C++ dan kita harus mempelajari coding dari program sesuai dengan robot yang akan di jalankan . Untuk pemenang lomba ini ada 2 kriteria yang pertama kategori tercepat mengikuti garis yang ditentukan dan yang kedua yaitu untuk design terbaik, tapi sayang nya saya gak ikutan lomba yang ini.

Nah ini yang saya akan informasikan, yaitu

2. Line follower dengan menggunakan Robot NXT LEGO MINDSTORM, saya sebagai salah satu pesertanya,meskipun belum jadi juara tapi terselip pengalaman yang berharga yang mungkin orang lain belum pernah mencobanya dan mendapatkannya.
Simple memang secara kasat mata namun ini yang menarik perhatian saya. Sebelumnya mungkin teman- teman sudah pada tahu mengenai robot lego ini,seperti kebanyakan robot – robot lego yang suka di mainkan anak SD bahkan TK. Bagi yang suka bermain lego ya model nya hampir sama NXT LEGO MINDSTORM merupakan robot rancang bangun yang dilengkapi dengan pemrograman visual sehingga dapat dimengerti dengan mudah oleh siapapun meskipun baru mempelajari bahasa permograman ini. Namun untuk mendownload program nya robot lego ini dilengkapi dengan NXT yaitu suatu alat untuk mendownload program yang telah kita buat.
Berikut gambar dari NXT dan spesifikasinya :

  • 32-bit ARM7 microprocessor
  • 256 Kbytes FLASH, 64 Kbytes RAM
  • 8-bit microprocessor
  • 4 Kbytes FLASH, 512 Byte RAM
  • Bluetooth wireless communication,Bluetooth class II V2.0 compliant
  • USB 2.0 port
  • Four input ports, six-wire digital platform
  • Three output ports, six-wire digital platform
  • Dot matrix display, 60 x 100 pixels
  • Loudspeaker, 8 KHz sound quality
  • Power source: Rechargeable lithium battery or six AA Batteries
  • Plug for power adapter: US: 120VAC 60Hz UK, EU, AUS: 230~ 50Hz

Berikut Contoh pemrograman visual line follower:

Ini robot yang saya rancang :

Semoga bermanfaat dan saran saya Gunadarma terus mengadakan lomba – lomba seperti ini agar memicu kreatifitas mahasiswa.

Karya : Dewi Fitriya Wati