Robotika

Blog komunitas Robot Universitas Gunadarma

Archive for the 'KRI/KRCI' Category

Informasi KRI dan KRCI 2009

Author: Admin Web
10 4th, 2008

Menurut Dr. Endra Pitowarno sebagai salah satu dewan Juri KRI dan KRCI dari Milis KRI & KRCI yang kami terima.

Berdasarkan hasil rapat tertanggalHari Senin, 15 September 2008 kemarin adalah rapat pertama koordinasi dewan juri KRI-KRCI 2009 yang diadakan di gedung DIKTI Jl. Pintu Satu Senayan – Jakarta, menetapkan beberapa hal diantaranya :

  • Kontes Robot Indonesia (KRI) 2009
    1. Tema ABU Robocon 2009 di Tokyo-Jepang

      Travel Together for the Victory Drum

    2. Karena Mengacu pada ABU Robocon 2009, maka tema KRI 2009 akan disesuaikan dengan ABU Robocon 2009 di Tokyo-Jepang.
    3. Untuk KRI 2009 belum ada pengumuman … tema secara Indonesia ( mungkin : napak tilas Perang Bersama Jendral Sudirman)
  • Kontes Robot Indonesia Cerdas (KRCI) 2009
    1. Divisi Senior Beroda: standar seperti tahun 2008
    2. Divisi Senior Berkaki: Tema “HUMANOID/ANIMALOID”
      Dalam divisi ini unsur seni dan aspek biologically inspired akan diutamakan. Jadi unsur-unsur mekanisme gerak yg tidak mengacu pada gerak makhluk hidup akan dijadikan perhatian utama dalam evaluasi laporan perkembangan (setelah proposal). Lapangan pertandingan seperti tahun 2008. (Keterangan rinci akan diumumkan kemudian)
    3. Divisi Expert Single: standar seperti tahun 2008.
    4. Divisi EXPERT BATTLE: adalah divisi baru untuk mengganti
      divisi Expert Swarm tahun lalu. Rule divisi Expert Battle diadopsi sepenuhnya dari rule of IJE Robocon 2008 (lihat disini)
  • Tempat dan Tanggal Pelaksanaan Regional
    Pelaksanaan KRI-KRCI 2009 di tingkat regional menjadi 5 (lima) lokasi, yaitu :

    Regional Kota Perguruan Tinggi / Institut Tanggal Pelaksanaan
    I Pekan Baru Politeknik Caltex Riau 25-26 April 2009
    II Jakarta Universitas Indonesia 9-10 Mei 2009
    III Yogyakarta Universitas Gajah Mada 25-26 April 2009
    IV Surabaya Institut Teknologi Surabaya 2-3 Mei 2009
    V Makassar Universitas Hasanuddin 2-3 Mei 2009
  • Batas dan Ketentuan Proposal
    1. Batas pengiriman proposal KRI KRCI 2009 Tahap pertama :

      02 Januari 2009

    2. Setiap Perguruan Tinggi hanya berhak mengirim satu proposal untuk KRI dan masing-masing satu proposal untuk satu divisi dalam KRCI


06 15th, 2008

Pagi hari, cuaca di kota depok masih terasa dingin. Cuaca diluar yang masih hujan membuat tim Chuunin-6 ingin tidur, namun karena lomba KRCI 2008 trial ketiga dimulai pada pukul 08.00 yang mengharuskan tim segera siap ke balairung UI.

Setelah mencoba dilapangan sendiri diKampus Gunadarma, baru ketahuan sensor api mengalami masalah pendeteksian. Hal ini disebabkan cuaca sekitar yang masih dingin yang mengakibatkan sensor lembab dan kurang sensitif.

Hal ini juga dialami oleh tim-tim ungulan lainnya. Bahkan pada saat selesai acara, kami mendekati pak Eril dari Polban sebagai Juri “Tim-tim juara banyak yang gagal pada mendeteksi api ditrial ketiga, sangat disayangkan emang tapi itu membuktikan robot yang paling tangguh pasti yang terbaik”

Di KRCI berkaki tim Chuunin-6 mengalami hal yang sama, ruang yang terdapat api sudah dicapai. Tapi Sensor UVtron tidak dapat berfungsi mendeteksi api. Dengan memanfaatkan “retry” Chuunin-6 mencoba dari “HOME” tapi sayang kejadian yang sama terulang kembali.

Tim Chuunin-6 sudah berusaha maksimum, bahkan dalam 2 minggu membuat robot baru dengan perubahan pada biar robot cepat.



06 14th, 2008

Devisi berkaki pada Kontes Robot Cerdas, pada trial pertama hanya ada 2 peserta yang berhasil yaitu dari NEXT 116 dari UNIKOM dengan waktu 61,39 detik dan Rasyid dari Poltek Caltex dengan waktu 67,02. Sedangkan Chuunin-6 mengalami kegagalan pada dari akhirnya diberikan waktu 600 detik.

Sedangkan trail kedua terdapat 7 tim yang berhasil memadamkan api, diantarnya UNIKOM, Poltek Caltex, ITS, Polban, UGM, Gunadarma dan Untar

Hasil sementara tim Chuunin-6 memperbaiki urutan dari urutan ke 10 menjadi urutan ke 6. Semoga Besok Chuunin-6 bisa menyelesaikan tugas memadamkan api.

Berikut hasil sementara urutan perolehan waktu tim KRCI Senior Berkaki :

1. NexT 116 (Unikom) dengan waktu 77 detik

2. AR-RASYIDDIN (Poltek Caltex Riau) dengan waktu 140 detik

3. al_FajRy (ITS) dengan waktu 580 detik

4. arjuna (Polban) dengan waktu 654 detik

5. BLEKOK (UGM) dengan waktu 689 detik

6. Chuunin-6 (Gunadarma) dengan waktu 695 detik

7. K – tech (Untar) dengan waktu 738 detik

Sedangkan 3 robot lagi sampai dengan trail ke 2 tidak dapat memadamkan api.



Perang suporter KRI/KRCI 2008

Author: Admin Web
06 14th, 2008

Inilah Aksi para suporter dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya-ITS, Poltek Manufaktur Bandung, Universitas Indonesia, Universitas Gajah Mada, Universitas Budi Luhur, Universitas Sultan Salahudin, Poltek Bandung untuk memberikan semangat pada lomba Kontes Robot Indonesia 2008. Mana mahasiswa Gunadarma ya … eh ada ternyata cuman 30an orang. Gimana jadinya balairung UI jika Mahasiswa Gunadarma nonton ? Kapan ? Mau ngak ya ? 🙂



Pembukaan KRI/KRCI 2008

Author: Admin Web
06 14th, 2008

Mendiknas Persiapan para peserta lomba KRI/KRCI 2008 dari 38 Perguruan Tinggi Se-Indonesia telah bersiap-siap memasuki ruang pit stop masing-masing peserta.

Tim dipilih melalui seleksi dalam Kontes Robot Indonesia dan Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRI/KRCI 2008) yang diselenggarakan secara bertahap dimulai dengan Kontes Regional pada 4(empat) wilayah yaitu Pekan Baru, Jakarta, Yogyakarta dan Surabaya. Pemenang dari keempat Kontes Regional diikutsertakan dalam Kontes Nasional KRI/KRCI 2008 yang akan berlangsung di Jakarta pada hari ini tanggal 14-15 Juni 2008.

Ajang ini merupakan selain merancang, membuat, mengoperasikan robot serta mengatur strategi yang merupakan ajang bergensi bagi Wakil Perguruan Tinggi yang lolos ke Tingkat Nasional. Hal ini ditandai dengan setelah acara pembukaan oleh Prof DR Bambang Sudibyo, MA (MenDikNas RI) tepat pukul 10 selama 25 menit terjadi “perang suporter”. Para suporter saling bergantian memberikan yel-yel dengan segala atribut suport untuk memberikan dukungan pada masing-masing perwakilan dari Perguruan Tinggi. Bahkan suaru MC tidak dapat meredam suara para support dari UGM yang membawa suporter sekitar 200 orang.

Pertandingan pertama untuk KRI, sedang pertandingan KRCI trial pertama akan dilaksanakan pada jam 11.00 WIB. Universitas Gunadarma mendapat urutan ke 4 pada KRCI 2008 pada Devisi Senior Berkaki setelah Chuunin-6 memenangkan juara kedua pada lomba tingkat Regional 2 pada wilayah Jawa Bagian Barat.



Running Test Chuunin-6

Author: Admin Web
06 13th, 2008

Setelah seharian di Balairung UI untuk kegiatan Running test Kontes Robot Indonesia/Kontes Robot Cerdas Indonesia 2008, tim Chuunin-6 yang diawaki oleh Nur Frandianto sebagai ketua Tim, dan Anggota tim Yogi Permady serta mekanik dari tim Chuunin-6 adalah Irfan Susanto pada hari ini mendapatkan kesempatan mencoba dilapangan KRCI devisi Senior Berkaki. Dari Running test pada trial pertama robot Chuunin-6 belum berhasil memadamkan api.

Dari hasil tersebut, Chuunin-6 sudah menemukan api, tapi saat mencoba mencari titik api tidak dapat fokus, dan kesempatan “retry” dimanfaatkan untuk mengulang. Setelah mendeteksi api yang sama pada ruang 2, Chuunin-6 tidak dapat menemukan api, dan akhirnya berputar-putar.

Kesempatan Trial kedua, Chuunin-6 berhasil memadamkan api. Hasil running test Trial ketiga menunggu setelah latihan acara persiapan upacara pembukaan.