Robotika

Blog komunitas Robot Universitas Gunadarma

Archive for the 'Lomba November 2012' Category

Pada era industrialisasi yang serba modern ini, semua kegiatan yang berhubungan dengan manusia telah bertransformasi dari yang tradisional mulai beralih secara bertahap kearah yang modern. Transformasi tersebut bisa dilihal dari perkembangan teknologi yang semakin cepat dan setiap pencapain suatu kegiatan ditentukan oleh teknologi (Teknologi 2012). Adapun contoh perkembangan teknologi yaitu perkembangan teknologi Robot. Penggunaan robot saat ini sudah mencakup seluruh sendi kehidupan manusia, baik dalam industri maupun dalam kegiatan sehari-hari. Menurut  perkembangannya, istilah Robot itu sendiri digunakan pertama kali pada tahun 1920 oleh penulis Czech Karel Capek dalam sebuah cerita dengan judul Rossum’s Universal Robot. Kemudian, pada tahun 1941 barulah istilah robot digunakan dalam teknologi robot dan diprediksi akan muncul robot industri yang dikemukakan oleh Isaac Asimov. Pada tahun 1956 mulai tercipta suatu perusahaan robot pertama yang didirikan oleh Georde Devil dan Joseph Engelberger. Kemudian pada tahun 1961, robot mulai terlihat perkembangannya dengan dimanfaatkan dalam industri otomotif oleh General Motor. Setelah itu, pada tahun 1980 robot modern lahir dan digunakan oleh beberapa industri lain seperti industri elekronik dan komputer (Sejarah & perkembangan robot 2011). Mesin robot yang semakin pesat perkembangannya pada dasarnya membantu manusia dalam beraktifitas sehari-hari. Penggunaan robot dapat membantu kegiatan atau pekerjaan manusia agar efisien dalam waktu penyelesaian, serta mengurangi tingkat resiko kecelakaan kerja. Beberapa pekerjaan manusia yang sering menggunakan bantuan mesin robot masuk kategori pekerjaan yang sukar, berbahaya dan membosankan karena membutuhkan tingkat ketelitian yang tinggi (Robot versus manusia 2009).

Saat ini, robot telah digunakan sebagai mesin yang memiliki otomatisasi tinggi, mempunyai peranan yang sangat penting bagi manusia untuk digunkan dalam pekerjaan yang dirasa sangat penting. Maka dari itu, banyak perusahaan menciptakan serta menngunakan robot dalam segala hal. Beberapa robot diciptakan dengan berbagai spesifikasi berdasarkan kebutuhan. Kebutuhan tersebut bisa meliputi kebutuhan rumah tangga, industri, militer, pertanian, kelautan dll.(10 hal yang tak bisa dilakukan manusia 2011). Walaupun begitu, robot itu sendiri tetap saja masih membutuhkan interaksi manusia dalam operasinya. Dari hal tersebut, munculah suatu paradigma baru tentang bagaimana mendesain suatu sistem interaksi antara manusia dengan robot yang ergonomis (Karwowski 1990). Menurut Karwowski (1990), sistem interaksi antara manusia dengan robot sangat ditentukan oleh aspek manusia dalam mencapai keberhasilannya. Keberhasilan dari sistem tersebut yaitu tercitanya sistem yang efisien dalam produktifitasnya serta safety dalam sistem tersebut. Maka dari itu, setiap perancangan sistem interaksi antara manusia dengan mesin robot perlu mempertimbangkan aspek manusia. Beberapa bukti bahwa industri manufaktur kurang mempertimbangkan aspek manusia dalam desain pengoperasian mesin terutama robot, mengakibatkan kurangnya efisiensi waktu proses dan tingkat produktivitas menjadi berkurang (Karwowski 1990). Dari bukti tersebut, jelas bahwa pertimbangan aspek manusia dalam desain suatu sistem manusia-mesin yang terintegrasi akan meningkatkan kinerja manusia dalam pekerjaannya. Selain itu, interaksi antara manusia dengan mesin mempunyai peranan dalam terciptanya mesin robot yang membantu pekerjaan layanan dalam kehidupan sehari-hari, misanya terciptanya robot sebagai asisten rumah tangga yang mampu mengantikan pekerjaan manusia sehari-hari (G. Wichert et al. n.d.). Berdasarkan penjelasan diatas, maka dapat dikatakan perkembangan robot semakin tahun mulai berkembang pesat.

1.  Penggunaan mesin robot untuk proses pengelasan dan penyambunlambung  pada industri kapal

Penggunaan mesin robot pada proses pengelasan sangat membantu manusia dalam melakukan pekerjaan. Penggunaan tersebut terutama pada proses pengelasan yang membutuhkan ketelitian dan akurasinya. Hal tersebut karena industri kapal yang menjadi prioritas utama adalah hasil las lalu kemudian tingkat efisiensinya. Akan tetapi, manusia juga memiliki peranan yang penting dalam hal mengontrol sistem tersebut karena semua proses dijalankan atas perintah manusia. Dalam hal ini, sistem interaksi manusia-robot didesain untuk membantu manusia terutama dalam hal akurasi hasil pengelasan yang dirasa akan cukup sulit bila dilakukan manusia dengan proses manual (Jr et al. 1999). Berdasarkan Jr et al.,( 1999) sistem interaksi manusia-robot pada proses las kapal diberi istilah Ship Welding Robot System (SWERS). Sistem ini dirancang untuk memudahkan manusia pada proses pengelasan yang membutukan waktu penyelesaian cukup lama serta membutuhkan kualitas las yang baik. Sistem ini juga dilengkapi sistem interaksi antar muka munusia-mesin yang didesain khusus. Sehingga, manusia dapat melakukan kontrol melalui tombol-tombol  yang disediakan seperti tombol kecepatan serta mengatur pergerakan robot tersebut. Sistem ini juga dilengkapi dengan fitur yang dapat merekam semua gerakan manusia, sehingga memungkinkan robot dapat menggantikan pekerjaan manusia setelah dilakukan proses mengajari robot (robot teaching). Hal tersebut sangat membantu manusia mengurangi tingkat kelelahan dan kejenuhan dalam melakukan proses pengelasan. Karena akibat dari kejenuhan dan kelelahan menimbulkan banyak kesalahan dalam bekerja sehingga dapat merugikan perusahaan. Selain itu, pada tahap penyambungan pada dua bagian lambung kapal sekarang ini industri kapal sudah mulai mengunakan robot crane disertai perlengkapan pengelasan (Bostelman et al. 1999). Hal ini sangat membantu manusia dengan mengurangi tingkat resiko kecelakaan dan juga meningkatkan efisiensi biaya. Hal tersebut terbukti bahwa pada proses ini beberapa bagian lambung kapal diangkat lalu dilakukan proses pengelasan. Sehingga, kemungkinan kecelakaan sangat tinggi pada manusia bila dilakukan secara konvensional.

Blog pribadi : http://aanhiratta.blogspot.com/



Headline
Perusahaan otomotif ternama Toyota tidak hanya memamerkan produk mobilnya saja, tetapi juga menampilkan 2 buah robot yang bernama Robina dan Humanoid pada  ajang Indonesia Internasional Motor SHOW (IIMS) 2012 yang digelar di JIEXPO pada 20-30 September 2012 kemarin.
Kehadiran robot ini merupakan bagian dari special exibit Toyota di ajang perhelatan otomotif terbesar di Indonesia. Robina dan Humanoid menjadi partner yang menemani akan menemani pengujung terutama anak-anak selama ajang ini berlangsung.
Robina dan Humanoid tampil menyanyi dan bermain musik diatas panggung di booth Toyota. Kehadiran special exibit ini, semakin meneguhkan komitmen Toyota dalam melakukan inovasi teknologi terbaru untuk kelangsungan masa depan yang lebih baik seiring tema ‘Goodness for Tomorrow’ yang diusung Toyota pada IIMS tahun ini.

Menurut marketing PT Toyota Astra Motor bapak Joko Trisantoyo, menunjukan bahwa Toyota ingin menjadi teman semua orang. “Toyota ingin menjadi ‘True Friend’ bagi setiap orang. Kalau mobil merupakan teman transportasi, Toyota ingin jadi sahabat semua manusia yang diwakili lewat robot,” ujarnya.

“Penampilan kedua robot ini adalah untuk menunjukkan tingginya teknologi yang telah dimiliki oleh Toyota. Teknologi robot merupakan sebuah teknologi yang menggabungkan teknologi komunikasi, teknologi gerak dan teknologi sensitifitas yang ketiganya akan digunakan dalam teknologi mobil ke depannya,” papar Joko.

Robina adalah partner robot yang dapat membantu manusia dalam aktifitas sehari-hari, bahkan robina mampu melakukan perawatan medis. Sedangkan Humanoin adalah robot pemusik, robot ini dapat memainkan biola dengan sangat baik, kedepannya Humanoid akan difungsikan untuk membantu manusia dalam pekerjaan rumah dan bahkan menjaga manusia.

Tema yang diambil oleh Toyota memberikan nilai positif kepada masyarakat yaitu sebagai semangat memberikan dan menebar kebaikan untuk masa depan. Karena toyota tidak hanya memikirkan kehidupan masa kita bahkan untuk kehidupan masa depan sudah dipikirkan baik-baik oleh Toyota dengan memanfaatkan teknologi kemajuan industri robot.



Perkembangan dan Penerapan Robot di Indonesia

Perkembangan robot di Indonesia tidak ada data yang dapat memberikan kesimpulan kapan, serta bagaimana asal muasal robot masuk ke Indonesia. Tetapi, terbukti dari kemauan SDM (Sumber Daya Manusia) bangsa Indonesia dalam minatnya pada teknologi robot seperti dikembangkannya sejumlah laboratorium, seperti MEPPO (Mesin Perkakas Teknik Produksi dan Otomatis) yang diprakarsai oleh BPPT bekerjasama dengan ITB, Industri strategis, serta LET (Laboratorium Elektronika Terapan) di LIPI. Awal tahun 80-an kebijakan nasional memberikan kesempatan kepada para peminat robot-robot di Indonesia ini.
Sampai saat ini, penerapan robot di Indonesia telah banyak yang dimanfaatkan oleh manusia untuk meringankan tugas manusia dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya robot security yang dipakai untuk menjinakan bom-bom yang saat ini sedang marak terjadi dimana-mana, robot yang dapat mengajar bahasa Inggris, robot bedah laparoskopi memungkinkan ahli bedah untuk bekerja di dalam pasien manusia dalam skala yang relatif kecil dibandingkan dengan operasi terbuka, secara signifikan memperpendek waktu pemulihan. Pesawat robot teleoperated, seperti Predator Kendaraan Unmanned Aerial , semakin sering digunakan oleh militer. Ratusan robot seperti iRobot ’s Packbot dan Foster-Miller Talon yang digunakan dalam Irak dan Afghanistan oleh militer AS untuk meredakan bom pinggir jalan atau improvisasi peledak perangkat (IED) dalam suatu kegiatan yang dikenal sebagai pembuangan persenjataan peledak (EOD).

Pengertian Robot Itu Sendiri

Robot adalah sebuah alat mekanik yang dapat melakukan tugas fisik, baik menggunakan pengawasan dan kontrol manusia, ataupun menggunakan program yang telah didefinisikan terlebih dulu (kecerdasan buatan). Robot biasanya digunakan untuk tugas yang berat, berbahaya, pekerjaan yang berulang dan kotor.
Istilah robot pertama kali dipopulerkan tahun 1942. Kata ‘robot’ diambil dari bahasa Ceko (Chech) yang artinya ‘pekerja’ (worker). Sebenarnya istilah robot sudah digunakan oleh Karel Capek, seorang penulis drama dari Cekoslovakia. Cerpen itu bercerita tentang robot therapy. Terinspirasi pada cerpen Runaround, Joseph Weizenbaum, seorang profesor di Institut Massachusetts, membuat program Eliza pada tahun 1966. Ada sekitar 240 baris kode yang dibuat oleh Weizenbaum untuk mensimulasikan sebuah psikotherapy.

Teknologi Robot di Masa Depan

Penggunaan robot di masa depan akan semakin bertambah, karena robot diciptakan dengan kemampuan luar biasa yang melebihi kekuatan dan kemampuan manusia. Dengan teknologi itulah manusia akan semakin dimudahkan untuk mengerjakan tugas-tugas mereka.
Teknologi robot di masa depan akan semakin banyak robot-robot saat ini yang akan dikembangkan kembali kemampuan dalam menjalankan dan memproses robot yang diinginkan. Seperti penggunaan teknologi masa depan pada robot humanoid, penggunaan teknologi masa depan dalam bidang agrikultur, energi alternatif untuk teknologi masa depan, energi matahari untuk teknologi masa depan, energi angin untuk teknologi masa depan dan energi air untuk teknologi masa depan.

Dampak pada Teknologi Robot

Seiring berjalannya waktu, teknologi robot yang diciptakan manusia untuk mengerjakan tugas mereka mempunyai dampak positif dan dampak negative. Dampak positifnya yaitu dengan adanya teknologi robot, pekerjaan akan cepat selesai dan tidak memerlukan waktu lama untuk berenergi. Sedangkan dampak negatifnya yaitu manusia akan semakin malas dengan dibantu alat yang bernama robot dan manusia akan terus bergantung pada robot sehingga perlu memakan biaya yang besar.
Jadi, robot memiliki dampak positif  dan negatif tergantung dari sudut pandang ekonomi, religious dan lain lain. Namun robot hanyalah alat untuk memenuhi kebutuhan manusia yang dapat di gunakan agar tidak mengalami kesalahan apabila manusia yang melakukan pekerjaan tersebut.



Banyak sekali kisah fiktif yang menceritakan gambaran kehidupan masa depan, robot selalu dikaitkan dengan apa yang ada pada masa depan.

Pernahkan anda membayangkan rumah sebagai hunian robot?
Seorang arsitek yang bernama Greg Lynn berhasil membuat sebuah desain prototype rumah RV atau rumah kendaraan robot yang memiliki ukuran skala 1/5 dari rumah normal manusia. Struktur bangunan rumah robot ini meningkatkan ruang hidup dengan memutar sumbu yang berada dibawah dasar rumah robot. Rumah robot ini dkembangkan untuk mengikuti sebuah pameran kehidupan masa depan Biennele Interieur 2012 di Kortrijk, Belgia. Sistem pada rumah robot ini sangat cerdas, dapat memberikan kenyamanan dan memberikan kebebasan gerak pada si pengguna. Ukuran rumah yang kecil cukup ditinggali oleh seorang robot
Dengan luas desain rumah ini yang kecil memberikan dampak positif, yaitu mengurangi kepadatan rumah penduduk yang akan terjadi dimasa depan. Desain rumah robot sangat cocok dengan aktifitas robot yang khas, rumah ini berfungsi sebagai mesin latihan sama halnya seperti bola putar hamster.
Rumah robot ini dapat merespon lingkungan disekitarnya baik cuaca panas ataupun dingin, dan itu dapat memberikan efek suasana yang terjadi pada rumah robot dengan tindakan rotasi atau berputar yang ada pada desain rumah robot. Hunian robot yang unik ini mengusung tipologi baru yaitu, menjadi satu berdasarkan gerakan dan interaksi yang terjadi pada rumah robot.


Kemajuan teknologi robot dapat menggantikan tentara manusia di medan perang. Kemungkinan ini tentu bukan isapan jempol semata. Seperti film Terminator, robot-robot mendominasi medan perang dan lebih efektif dalam menumpas musuh.
Apa yang terjadi di film Terminator ternyata dapat terelasisasi di medan pertempuran saat ini. Itu artinya, baku tembak di pertempuran bisa digantikan oleh robot, seiring meningkatnya protes banyaknya tentara manusia yang tewas di medan laga. Read the rest of this entry »



Dengan zaman yang semakin maju, teknologi semakin canggih, itulah yang terjadi saat ini. Perkembangan teknologi saat ini sangatlah cepat dalam hitungan bulan beberapa generasi teknologi baru pun mucnul dengan peningkatan kualitas yang lebih baik dari sebelumnya, saat ini saya akan membahas mengenai perkembangan robotika.
Pasti pernah menonton film fiksi ilmiah seperti transformers, iron man, dan banyak lagi, mungkin dalam beberapa tahun hal yang ada dalam film tersebut akan terwujud. Seperti halnya robot humanoid yaitu robot yang menyerupai manusia dari perilaku dan gerak anggota tubuh,  robot jenis ini masih terus dikembangkan agar memiliki gerak yang mendekati gerak manusia.
Dahulu untuk dapat mengendalikan sebuah robot harus menjadi programmer hebat. Menggunakan sebuah controller untuk mengendalikan robot atau memberi perintah sederhana.
Tapi dengan sistem cloud computing yang akan dikembangkan oleh Microsoft, Institute of Technology Purwadhika Nusantara, dan World Robotic Explorer nampaknya semua orang dapat memiliki robot pintar dan dapat mengendalikannya.
Seperti diketahui, cloud computing adalah database yang dapat diakses dengan menggunakan internet. Semua data akan tersimpan di server, semua orang dapat mengakses data tersebut melalui teknologi yang dimilikinya seperti smartphone, netbook atau notebook. Karena itu, data yang ada tidak terbatas dibandingkan data yang ada pada sebuah gadget.
Dulu jamannya komputer-komputer besar berukuran seperti lemari. Orang harus terhubung dengan terminal atau server untuk mengakses data. Lalu, berkembang komputer individu atau notebook untuk dapat menyimpan data pribadi.
Sesuai perkembangan, para ahli pun menganggap hal tersebut tidak cukup. Setelah berkembangya teknologi internet, berkembang pula teknologi cloud computing yang tidak terbatas.
Sekian dari saya mohon maaf  bila  ada kekurangan dan kesalahan dalam penulisan.
Terimakasih


Seperti yang telah kita ketahui bahwa teknologi semakin berkembang, sekarang kita sudah bisa membawa komputer yang semula berukuran besar menjadi sebesar buku tulis, dan sekarang kita juga sudah mengenal yang namanya robot, entah kapan robot itu pertama kali diciptakan yang pasti dengan kehadiran robot tersebut dapat memberikan dampak positif maupun negatif. Berikut adalah dampak positif dan dampak negatif dari robot:

Efek Positif:

  • – Robot bisa membantu menjinakan bom, mencari bom, dll.
  • – Robot bisa berjalan dengan bebas diluar angkasa tanpa adanya oksigen,robot tersebut sangat berguna untuk penelitian luar angkasa.
  • – Dan robot bisa melakukan semua yang manusia sulit untuk melakukannya, tentu saja dengan bantuan program yang sudah terinstal pada diri si robot tersebut.

Efek Negatifnya:

  • – Dengan adanya robot bisa membuat manusia menjadi malas bekerja, malas berjalan mengunakan kaki, jarang memakai otak mereka untuk berfikir, dan badan yang semula normal menjadi gemuk dan tulang menjadi menciut karena timbunan lemak yang menggumpal. seperti pada film Wall-E.
  • – Akan lebih banyak pengangguran karena sebagian besar pekerjaan manusia akan diambil alih dengan robot dan munkin bisa terjadi kerusuhan yang diakibatkan oleh robot.

Meskipun sekarang robot hanya digunakan untuk ilmu pengetahuan dan mempercepat proses produksi suatu barang, jika perkembangannya terlalu mainstream akan memberikan efek yang sangat buruk untuk kelangsungan hidup manusia.

Jadi intinya adalah, selama kita masih memiliki kemampuan untuk melakukan sesuatu pekerjaan maka lakukanlah.



11 28th, 2012

1. Pengertian Robot
Ada banyak defenisi yang dikemukakan oleh para ahli mengenai robot. Orang awam beranggapan bahwa robot mengandung pengertian suatu alat yang menyerupai manusia, namun struktur tubuhnya tidak menyerupai manusia melainkan terbuat dari logam.(Novia, Leli, 2004). Beberapa ahli robotika berupaya memberikan beberapa defenisi, antara lain :
1. Robot adalah sebuah manipulator yang dapat di program ulang untuk memindahkan tool, material, atau peralatan tertentu dengan berbagai program pergerakan untuk berbagai tugas dan juga mengendalikan serta mensinkronkan peralatan dengan pekerjaannya, oleh Robot Institute of America.
2. Robot adalah sebuah sistem mekanik yang mempunyai fungsi gerak analog untuk fungsi gerak organisme hidup, atau kombinasi dari banyak fungsi gerak dengan fungsi intelligent, oleh official Japanese.
B. Robot Industri

Gambar 1. Anatomi robot industri

Sumber : Endra (2006)

Pada Gambar 1  di atas memperlihatkan anatomi robot industri yang Komponen utamanya terdiri dari empat bagian, yaitu:

1. Manipulator

Manipulator adalah bagian mekanik yang dapat difungsikan untuk memindah, mengangkat dan memanipulasi benda kerja.

2. Sensor

Sensor adalah komponen berbasis instrumentasi (pengukuran) yang berfungsi sebagai pemberi informasi tentang berbagai keadaan atau kedudukan dari bagian-bagian manipulator.

3. Aktuator

Aktuator adalah komponen penggerak  yang jika dilihat dari prinsip penghasil geraknya dapat dibagi menjadi 3 bagian, yaitu penggerak berbasis motor listrik (motor DC dan motor AC),

4. Kontroler

Kontroler adalah rangkaian elektronik berbasis mikroprosesor yang berfungsi sebagai pengatur seluruh komponen dalam membentuk fungsi kerja. (Endra, 2006)

C.  Robot Manipulator

1.  Klasifikasi Robot Manipulator

Secara umum struktur robot dapat dibedakan menurut sumbu koordinat yang digunakan, untuk lebih jelasnya diuraikan dalam tabel 1.

Tabel 1. Struktur Umum Robot

Sumber: Endra Pituwarno, (2006)

Catatan :  P=Prismatic joint yaitu pergeseran sepanjang sumbu tertentu

R= Revolute joint yaitu perputaran pada sumbu tertentu.

a. Robot Kartesian

Struktur Robot ini terdiri dari tiga sumbu linier (prismatic). Masing-masing sumbu dapat bergerak kearea sumbu x-y-z. Keuntungan robot ini adalah pengontrolan posisi yang mudah dan mempunyai struktur yang lebih kokoh.

Gambar 2. Konfigurasi cartesian

Sumber : Pitowarno, (2006)

Pada Gambar 2 memperlihatkan manipulator berkonfigurasi cartesian dimana secara relatif adalah yang paling kokoh untuk tugas mengangkat beban yang berat. Struktur ini banyak dipakai secara permanen pada instalasi pabrik baik untuk mengangkat dan memindah barang-barang produksi maupun untuk mengangkat peralatan-peralatan berat pabrik ketika melakukan kegiatan instalasi.

b. Robot Silindris

Struktur dasar dari robot silindris adalah terdiri dari Horisontal Arm dan Vertical Arm yang dapat berputar pada basel landasannya (lihat gambar 3). Jika dibandingkan dengan robot kartesian, robot silindris mempunyai kecepatan gerak lebih tinggi dari end effectornya, tapi kecepatan tersebut tergantung momen inersia dari beban yang dibawanya.

Gambar 3. Konfigurasi silinder

Sumber : Pitowarno, (2006)

Konfigurasi silinder mempunyai kemampuan jangkauan berbentuk ruang silinder yang lebih baik, meskipun sudut ujung lengan terhadap garis penyangga tetap. Konfigurasi ini banyak diadopsi untuk sistem gantry atau crane karena strukturnya yang kokoh untuk tugas mengangkat beban.

c. Robot Spheris/Polar

Konfigurasi struktur robot ini mirip dengan sebuah tank dimana terdiri  atas Rotary Base, Elevated Pivot, dan Telescopic Arm (lihat gambar 4). Keuntungan dari robot jenis ini adalah fleksibilitas mekanik yang lebih baik.

Gambar 4.  Konfigurasi Polar

Sumber:  Pitowarno, (2006)

Pada Gambar 4  terlihat konfigurasi polar dimana badan dapat berputar ke kiri atau kanan. Sendi pada badan dapat mengangkat atau menurunkan pangkal lengan secara polar. Lengan ujung dapat digerakkan maju-mundur secara translasi

d. Robot SCARA (Selective Compliance Assembly Robot Arm)

Robot Assembly bisa didesain menurut koordinat kartesian, silindris maupun spheris. Pada beberapa aplikasi hanya membutuhkan sumbu gerak vertikal, misalnya robot assembly yang memasang komponen pada  PCB. Robot ini mempunyai lengan dengan dua artikulasi, sedangkan wrist mempunyaigerakan linier dan rolling. Struktur robot assembly dapat dilihat pada gambar 5.

Gambar 5. Struktur robot SCARASmb

Sumber: Endra Pituwarno, (2006)

e. Robot Artikulasi / Konfigurasi Sendi Lengan

Robot ini terdiri dari tiga lengan yang dihubungkan dengan dua Revolute Joint. Elbow Joint menghubungkan Force Arm dengan Upper Arm. Shoulder Joint menghubungkan Upper Arm dengan Base. Struktur robot artikulasi ini dapat dilihat pada gambar 6 dibawah ini.

Gambar 6. Konfigurasi sendi-lengan

Sumber: Pitowarno, (2006)

Konfigurasi ini yang paling populer untuk melaksanakan fungsi layaknya pekerja pabrik seperti mengangkat barang, mengelas, memasang komponen mur dan baut, dan sebagainya. Struktur lengan-sendi cocok digunakan untuk menjangkau daerah kerja yang sempit dengan sudut jangkauan yang beragam.

  1. End  Effector

Kemampuan robot juga tergantung pad piranti yang dipasang pada lengan robot. Piranti ini biasanya dikenal dengan end effector. end effector ada dua jenis yaitu Pencengkram (griper) yang digunakan untuk memegang dan menahan obyek, peralatan (tool) yang digunakan untuk melakukan operasi tertentu pada suatu obyek. Contohnya: bor, penyemprot cat, gerinda, las dan sebagainya.

  1. Sistem Penggerak Robot

Penggerak diperlukan oleh robot agar robot mampu bergerak atau berpindah posisinya serta mampu mengangkat beban pada end effectornya. Macam-macam penggerak yang biasa digunakan adalah penggerak hidrolik (berbasis bahan cair seperti oli), penggerak pneumatik (perangkat kompresi berbasis udara atau gas nitrogen) dan penggerak elektrik (motor servo,motor DC dan motor stepper).

  1. Sensor

Adalah perangkat atau komponen yang bertugas mendeteksi (hasil) gerakan atau fenomena lingkungan yang diperlukan oleh sistem kontroler. Dapat dibuat dari sistem yang paling sederhana seperti sensor ON/OF menggunakan limit switch, sistem analog, sistem bus parallel, sistem bus serial, hingga sistem mata kamera.

  1. Kontroler

Dalam kontrol robotik pada dasarnya terbagi dua kelompok, yaitu sistem kontrol loop terbuka (open loop) dan loop tertutup (close loop).

Diagram loop terbuka atau umpan maju (feed forward control) dapat dinyatakan dalam gambar berikut ini.

Gambar 7. Kontrol robot loop terbuka

Sumber : Pituwarno (2006)

Kontrol loop terbuka atau umpan maju (feedforward control) dapat dinyatakan sebagai sistem kontrol yang outputnya tidak diperhitungkan ulang oleh kontroller. Keadaan apakah robot telah benar-benar mencapai target seperti yang  dikehendaki sesuai referensi, adalah tidak mempengaruhi kerja kontroller.

Kontrol robot loop tertutup dapat dinyatakan seperti gambar di bawah:

Gambar 8. Kontrol robot loop tertutup

Sumber : Pituwarno (2006)

Pada gambar di atas , jika hasil gerak aktual telah sama dengan referensi maka input kontroler akan sama dengan nol. Artinya kontroler tidak lagi memberikan sinyal aktuasi kepada robot karena target akhir perintah gerak telah diperoleh. Makin kecil error terhitung maka makin kecil pula sinyal pengemudian kontroler terhadap robot, sampai pada akhirnya mencapai kondisi tenang (steady state).

ROBOT DALAM KEHIDUPAN

Pada zaman sekarang jumlah robot sangat banyak  paling banyak berada di kawasan asia,

32% di eropa, 16%  di amerika utara ,1 % berada di Australia dan 1% lagi ada di afrika. Tetapi 30% robot yang ada di dunia berada di jepang yang membuat negara itu adalah negara yang memiliki jumlah robot terbanyak . di jepang dan di korea selatan ide dalam meningkatkan kualitas robot untuk meningkatkan kemampuan robot dalam menyelesaikan masalah sangat baik dan positif . di cina robot sangat bermanfaat dan baik untuk manusia menolong dalam kebutuhan sehari hari manusia, bermain dengan dan belajar dengan anak anak atau menggantikan fungsi sebagai binatang peliharaan .” ini adalah era di mana robot dan manusia akan cocok “ menurut orang asia terutama di jepan g yang mendukung atas pembuatan robot di jepang maupun asia. Bahkan di korea selatan telah menargetkan bahwa pada tahun 2015 -2020 setiap rumah yang ada di negara tersebut akan ada robot untuk menyaingi teknlogi di jepang .

Berbeda dengan yang ada di eropa dan dunia barat yang tidak terlalu mendukung akan kehadiran robot yang sangat canggih, mungkin di karenakan banyak media yang menggambarkan robot akan mengambil alih dunia. Bahkan ada yang menyatakan robot merupakan hal yang akan mengancam kehidupan manusia di masa depan. Yang di sebabkan keyakinan terhadap manusia dan kehidupan social yang akan berkurang

Dari pendapat di atas telah menjelaskan bahwa robot merupakan fenomena yang luar biasa jika robot sudah mulai di produksi dan bersebaran di dunia , karena dengan keberadaan robot menyebabkan dampak positif dan negative sesuai dengan sudat pandang masing masing . banyak yang mendukung ada pula yang menolak kehadiran robot

Dengan adanya  robot tentu akan sangat membantu tugas manusia yang terkadang sulit di selesaikan karena harus memiliki kemampuan yang tinggi dalam konsentrasi dan ketelitian . dengan adanya robot pula suatu industri akan mempercepat produksinya.dalam melakukan pekerjaannya robot hampir sulit mengalami kesalahan karena sudah di program untuk menjalani tugasnya berbeda dengan manusia yang suatu saat akan teledor terhadap pekerjaannya

tetapi di sisi lain ada yang mengatakan bahwa dengan adanya robot dalam kehidupan manusia di masa depan akan lebih banyak berdampak buruk dari pada positifnya . menurut mereka dengan adanya robot akan menjadikan manusia malas akan tugas yang harus diselesaikan . sehingga mengubah pola pikir manusia yang di karenakan tertalalu di manja oleh kemampuan robot . akan bermunculnya sifat negative yang merajalela dalam kehidupan sehari hari seperti malas , kurang konsentrai, bodoh dan lain lain.

Manusia juga akan menjadi makhluk yang kurang peduli sesama manusia lainnya karena hilangnya rasa toleransi, gotong royong , kerjasama terhadap pekerjaannya karena sudah dikerjakan oleh robot . yang di khawatirkan lagi manusia akan menjadi makhluk tidak social . memiliki kelainan dalam sosialisasi ,komunikasi sehingga menjadi penyendiri dan selalu berinteraksi dengan alat elektronik seperti robot , computer dan lain lain.

Dampak Positif Robot Dalam Kehidupan

Saat  ini  robot  sudah  banyak  di  aplikasikan  dalam  beberapa  bidang  kehidupan.  Misalnya dalam   bidang   industri,   robot   sudah   banyakmenggantikan   beberapa   peran   manusia,   di antaranya industri perakitan mobil, elektronik, dan pengemasan.

Penggunaan Robot pada perakitan Mobil

Dalam  dunia  kedokteran  (medis),  robot  sering  digunakan  untuk  membantu  dokter  dalam operasi bedah pasien. Misalnya untuk bedah jantung, kanker, dan operasi mata. Namun, robot tidak dibiarkan untuk melakukan operasi secara otomatis, tetapi dikendalikan oleh dokter.

Robot sebagai alat bantu bedah, pada bidang kedokteran

NASA {National Aeronautics and Space Administration), agensi pemerintah Amerika Serikat yang  bertanggung  jawab atas program luar angkasa telah memberangkatkan beberapa robot untuk  penelitian  jagad  raya.  Salah  satunya  adalah  robot  Phoenix  Lander  yang  diluncurkan pada Agustus 2007 untuk melakukan penelitian tentang adanya kehidupan di planet Mars. Ini merupakan salah satu contoh penerapan robot dalam sistem ruang angkasa.

Robot membantu manusia pada penelitian antariksa

Dampak Negative Dengan Adanya robot

Dampak terhadap pengangguran

Beberapa analis, seperti Martin Ford, penulis The Lights di Tunnel: Otomasi, Teknologi Mempercepat dan Ekonomi Masa Depan, berpendapat bahwa robot dan bentuk lain dari otomatisasi pada akhirnya akan menghasilkan signifikan pengangguran ekonomi kecuali direkayasa untuk menyerap mereka tanpa menggusur manusia, sebagai mesin mulai mencocokkan dan melebihi kemampuan pekerja untuk melakukan sebagian besar

pekerjaan. Saat ini dampak negatif hanya pada pekerjaan kasar dan berulang, dan sebenarnya ada dampak positif pada jumlah pekerjaan untuk teknisi yang terampil, insinyur,

dan spesialis . Namun, pekerjaan ini sangat terampil tidak cukup jumlahnya untuk mengimbangi penurunan lebih besar dalam pekerjaan antara populasi umum, menyebabkan pengangguran struktural di mana keseluruhan (bersih) meningkat pengangguran.

Sebagai robotika dan kecerdasan buatan berkembang lebih lanjut, beberapa khawatir bahwa pekerjaan terampil bahkan banyak mungkin terancam. Menurut teori ekonomi konvensional, ini hanya akan menyebabkan peningkatan produktivitas industri yang terlibat; sehingga permintaan lebih tinggi untuk barang lain, dan karenanya lebih tinggi permintaan tenaga kerja di sektor-sektor dan off-pengaturan apa pun yang negatif yang ditimbulkan. Teori konvensional menjelaskan dengan baik masa lalu, tetapi tidak mungkin menggambarkan skenario masa depan karena pergeseran dalam nilai parameter yang membentuk konteks

(lihat Otomasi dan dampaknya pada pengangguran ).

KESIMPULAN

Robot memiliki dampak positif  dan negative tergantung dari sudut pandang ekonomi, religious dan lain lain . namun robot hanyalah alat untuk memenuhi kebutuhan manusia dapat di gunakan . agar tidak mengalami kesalahan apabila manusia yang melakukan pekerjaan tersebut. . begitupun dengan cyborg , robot dan cyborg memiliki pengertian yang berbeda . cyborg adalah manusia yang mengunakan teknologi . sedangkan robot adalah alat .

Sumber :

Munhabil WordPress

Nushagustin Nugraha WordPress

Bango Bayu Blog



Ada banyak kegunaan robot dalam berbagai segi kehidupan mulai dari rumah tangga sampai industri. Namun secara umum kegunaan robot yaitu untuk menggantikan kinerja manusia yang membutuhkan ketelitian yang tinggi dan mengurangi bahkan menghilangkan resiko kecelakaan yang cukup tinggi jika manusia melakukan pekerjaan tersebut karena manusia memiliki rasa lelah jika bekerja secara terus menerus dan pada saat lelah ketelitian pekerjaan yang dilakukan dapat berkurang, lain halnya jika pekerjaan tersebut dilakukan oleh robot. Salah satu peran dan dampak yang sangat berpengaruh bagi kehidupan manusia yaitu sebagai alat bantu manusia dalam melakukan eksperimen ilmiah di luar angkasa.

Curiosity, merupakan robot penjelajah NASA yang akhir – akhir ini sering di bicarakan oleh seluruh penjuru dunia, robot pengelana bernama Curiosity ke Planet Merah tersebut untuk mempelajari apakah pernah ada kehidupan mikroba di sana. Robot itu dilengkapi dengan instrumen sains, termasuk laser yang dapat memindai batu untuk mengetahui elemen kandungannya. Tetapi mendaratkan proyek eksplorasi ini dengan aman akan menjadi tantangan kolosal. Dua pertiga dari seluruh misi yang pernah dikirim ke Planet Merah gagal, banyak yang hilang saat berusaha menembus atmosfer Mars. Dan, badan antariksa AS memiliki kepercayaan diri yang besar bahwa strategi mendarat risiko tinggi rancangan mereka dapat mengantarkan Curiosity ke permukaan dengan aman Strategi ini akan menggunakan serangkaian manuver otomatis untuk memperlambat jatuhnya si robot pada kecepatan 20.000 km/jam dari puncak atmosfer menjadi kurang dari 1m/detik saat mendarat. Pada tahap terakhir rangkaian ini, sebuah derek bertenaga roket akan menurunkan robot ke tanah dengan tali nilon.

Nasa akan memantau drama pendaratan ini dari Jet Propulsion Laboratory di Pasadena, California.
Di sinilah kendali misi ini akan menerima sinyal dari Curiosity yang kemudian dilontarkan ke Bumi dengan satelit Odyssey. Para insinyur di Nasa hanya dapat menyaksikan dan menunggu. Jarak 250 juta km antara Mars dan Bumi berarti akan terjadi jeda 13 menit dalam komunikasi.
Tim mengetahui bahwa ketika mereka mendapat sinyal yang mengatakan robot telah memasuki atmosfer planet itu, maka kenyataannya hanyalah bahwa robot itu sudah mendarat atau hancur tujuh menit sebelumnya.

Dan akhirnya Para ahli yang tergabung dalam tim Mars Science Laboratory (MSL) bersorak gembira merayakan keberhasilan mereka mendaratkan dengan sukses robot kendaraan penjelajah Curiosity di permukaan Planet Mars, usai menerima kiriman gambar pertama di Laboratorium Jet Propulsion milik NASA di Pasadena, California, Senin (6/8). Di Mars, robot seharga Rp23,6 triliun ini akan meneliti tanah dan bebatuan yang ada untuk memeriksa kemungkinan tanda-tanda kehidupan di planet merah tersebut.

SETELAH penerbangan selama 36 pekan, kendaraan robotik canggih milik Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA), Curiosity, mendarat di samping pegunungan di Planet Mars pada Senin (6/8). Robot tersebut akan melakukan penelitian selama dua tahun.
Pesawat antariksa The Mars Science Laboratory (MSL) yang membawa Curiosity berhasil melalui semua tahapan pendaratan paling kompleks di permukaan Mars. Termasuk tahapan akhir berupa memutuskan tali kekang dan bermanuver terbang dari ransel roket.

Menurut situs resmi NASA, kendaraan robotik itu mendarat di dekat kaki sebuah gunung dengan tinggi tiga mil (4,8 kilometer) dan diameter 96 mil (154,5 kilometer) di dalam kawah yang disebut Gale Crater.
“Hari ini roda-roda Curiosity sudah mengawali langkah manusia di Mars. Curiosity sekarang sudah ada di permukaan Planet Merah, dimana dia akan mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tentang apakah pernah ada kehidupan di sana,” kata Administrator NASA, Charles Bolden.

Curiosity sudah mengirimkan pandangan pertamanya di Mars, sebuah daratan luas berbatu di depan kendaraan.  Observasi dari orbit sudah mengidentifikasi tanah liat dan mineral sulfat pada lapisan bawah, menunjukkan bahwa sebelumnya daerah itu pernah basah. Dalam beberapa hari ke depan Curiosity akan mengirimkan lebih banyak gambar dari Mars.

Foto berwarna pertama yang berhasil diambil di Mars

“Curiosity berbicara dengan kami dari permukaan Mars. Pendaratan itu membawa kami melewati momen paling berbahaya dalam proyek ini dan mengawali misi baru untuk mencapai tujuan-tujuan ilmiah,” kata Manajer Proyek MSL dari Laboratorium Propulsi Jet NASA, Peter Theisinger.
California, – Badan Antariksa Amerika Serikat alias NASA mengklaim mesin robot luar angkasa buatannya, Curiosity, menjalani hari kedua di planet Mars dengan ‘sempurna’. Dilaporkan bahwa jaringan komunikasi dan mesin pembangkit yang ada pada Curiosity mampu berfungsi dengan baik.
“Kami sangat percaya diri bahwa kami memiliki banyak kapasitas data sekarang, kita juga memiliki semua jaringan ini, dan itu merupakan salah satu tujuan utama dari misi ini,” ujar manajer misi NASA ke Mars, Jennifer Trosper dalam konferensi pers di Jet Propulsion Laboratory, California, seperti dilansir oleh AFP, Kamis (9/8/2012).

Trosper menjelaskan, sepasang kamera yang tampak seperti mata Curiosity akan mulai difungsikan pada hari ini. Kamera ini nantinya akan mampu memberikan pemandangan 360 derajat panorama Mars di sekitar Curiosity.
Selain itu, Trosper menuturkan, mesin pembangkit listrik yang ada pada Curiosity dilaporkan mampu bekerja baik. Malah, lanjutnya, mampu memberikan daya yang lebih besar dari yang diharapkan. Hal ini diharapkan mampu menyokong operasional Curiosity dalam jangka waktu yang lebih panjang.
Pada hari pertamanya di Mars, Curiosity telah mengirimkan foto-foto pemandangan planet Merah untuk pertama kalinya ke bumi. Salah satunya foto berwarna yang belum pernah ada sebelumnya. Hal ini cukup membanggakan mengingat bahwa kondisi suhu udara di sekitar Curiosity dilaporkan sedikit lebih panas dari yang diperkirakan. Sayangnya, NASA tidak memberikan angka detil soal suhu udara di Mars, kendati sebelumnya NASA memperkirakan suhu udara di planet tersebut berada di antara minus 90 hingga 0 derajat Celcius.

Dalam beberapa hari ke depan, Curiosity akan mulai menjalankan misinya di Mars. Mesin penjelajah yang bernilai US$ 2,5 miliar atau setara dengan Rp 23,6 triliun ini akan mulai mengaktifkan Mars Science Laboratory yang terpasang di dalamnya, sembari terus menjelajah daratan Mars.
Secara perlahan, Curiosity kini bergerak naik dari Kawah Gale ke puncak Mount Sharp agar penelitian bisa berjalan lebih mudah. Perjalanan yang harus ditempuh Curiosity berjarak puluhan kilometer dan mungkin memakan waktu nyaris setahun untuk menyelesaikan seluruh misinya di Mars.
Diketahui bahwa Curiosity memiliki tugas untuk meneliti tanah dan bebatuan yang ada untuk memeriksa kemungkinan tanda-tanda kehidupan di planet tersebut. Curiosity juga akan meneliti lingkungan planet Mars dalam rangka mempersiapkan misi manusia ke Mars di masa depan. Curiosity yang dijuluki ‘mesin impian’ oleh para ilmuwan NASA ini, dilengkapi sejumlah peralatan mutakhir, seperti kamera super canggih, lengan robotik yang dilengkapi bor, laboratorium kimia kecil dan laser penembus batu.

Kendaraan robotik itu membawa sepuluh instrumen ilmiah, dengan total berat 15 kali lebih berat dari muatan kendaraan yang sebelumnya mendarat di Mars, Spirit dan Opportunity. Perangkat yang dibawa antara lain, instrumen penembak laser untuk memeriksa elemen penyusun batuan dari jauh.
Curiosity juga menggunakan bor dan sendok di ujung lengannya untuk mengumpulkan sampel tanah dan bubuk batuan, kemudian menyaring dan memasukannya ke dalam perangkat analitik laboratorium dalam kendaraan. Selanjutnya Curiosity akan memulai misi perdana untuk menyelidiki kemungkinan kondisi planet tersebut sesuai untuk kehidupan mikrobia. Bolden mengatakan, pendaratan Curiosity di Mars hari ini akan menandai langkah awal untuk mengirimkan manusia ke Mars pada pertengahan tahun 2030.

Ingin lebih banyak tau atau lebih mengenal robot ini klik link video di bawah ini :

Semoga bukan hanya NASA yang dapat mengirimkan robotnya ke Mars, tetapi para generasi muda Indonesia dapat mengirimkan robot ke planet – planet lainnya yang belum di teliti sebelumnya. Semoga apa yang saya tulis dalam blog ini dapat menambah ilmu para pembaca kurang lebihnya mohon maaf, terima kasih.
Blog Pribadi :


11 26th, 2012

Robot adalah suatu mesin yang dapat diarahkan untuk mengerjakan bermacam-macam tugas tanpa campur tangan lagi dari manusia. Secara ideal robot diharapkan dapat melihat, mendengar, menganalisa lingkungannya dan dapat melakukan tindakan-tindakan yang terprogram. Dewasa ini robot digunakan untuk maksud-maksud tertentu dan yang paling banyak adalah untuk keperluan industri. Robot dapat bekerja disituasi 3D yaitu Dirtydangerous atau difficult.

Ada banyak cara dalam menggolongkan robot, mulai dari ukurannya, kemampuannya, kecepatannya, kekuatannya dan lain-lain, tapi yang paling umum adalah penggolongan robot menurut penggunaannya.

a.personal robot

disebut juga dengan home robots (robot rumah tangga). Membersihkan lantai, mencuci pakaian, memasak, mengatur jadwal, menerima telpon dan pekerjaan rutin lainnya dapat dikerjakaan oleh personal robot.

b.industrial robot

merupakan robot yang digunakan untuk membantu didalam proses industri, misalnya untuk menyusun barang, mengelas besi, mengecat, memasang komponen benda dan lain sebagainya.

Dewasa ini robot sudah sangat banyak dipakai diseluruh dunia, berikut ini adalah daftar jumlah robot yang dipasang pada tahun 1985.

Negara Jumlah robot
Jepang 16000
Amerika serikat 7700
Jerman barat 5000
Great britain 3000
Swedia 2300
Norwegia 1000
finlandia 950
Switzerland 600
Polandia 200
Belgia 200
Yugoslavia 150
denmark 110

Pada tahun 1985 jumlah robot di seluruh dunia sudah mencapai angka 3721, bagaimana dengan masa kini? Tentu saja jumlah tersebut akan terus bertambah dari tahun ke tahun karena pada hakekatnya manusia tidak pernah merasa puas, sehingga mereka akan terus menciptakan robot-robot yang lebih canggih dan modern untuk membantu meringankan pekerjaannya. Disamping itu, persaingan bisnis antar perusahaan pencipta robot semakin ketat sehingga para ilmuwan terus berlomba-lomba dalam menciptakan robot yang lebih mutakhir.

Perkembangan robot di dunia sangatlah pesat, tidak menutup kemungkinan pada masa yang akan datang dunia ini akan dipenuhi oleh robot. Anda pasti pernah mendengar atau menyaksikan sebuah cerita tentang masa depan dimana manusia dan robot hidup berdampingan dan saling bergantung satu sama lain. Hingga pada akhirnya robot-robot yang tercipta semakin lebih pintar dari manusia merasa dan merasa bahwa manusia merupakan majikan yang tidak tepat lagi, tidak berguna dan banyak kekurangannya. Cerita tersebut bukanlah semata-mata pikiran liar dari si pengarang, akan tetapi sebuah kesimpulan atas perkembangan robot yang semakin pesat.

Segala sesuatu pasti memiliki dampak positif dan negatifnya. Pemakaian robot pada sebuah industri akan memiliki banyak hal-hal yang lebih daripada industri yang masih menggunakan tenaga manusia dalam pengerjaannya. Hal-hal tersebut adalah kecepatan, kerapihan, dan pengeluaran yang lebih minim. Robot yang diprogram untuk mengerjakan sesuatu akan memiliki kecepatan, kerapihan dan ketelitian yang lebih tinggi daripada manusia, serta biaya perawatan robot cenderung lebih murah dibandingkan gaji untuk para pegawai. Tentu saja hal ini memberikan keuntungan yang besar kepada industri, akan tetapi di lain sisi hal tersebut berdampak negatif terhadap para pegawainya. Akan banyak pegawai yang kehilangan pekerjaannya karena posisinya yang telah digantikan oleh robot. Dampak negatif lainnya ada pada sistem pertahanan negara. Mungkin saja para ilmuwan akan menciptakan mesin pembunuh (robot perang) untuk melakukan intimidasi terhadap negara lain.

Sesungguhnya robot sangat membantu dalam pekerjaan manusia, akan tetapi perkembangannya harus diimbangi dengan peraturan dan strategi baru oleh pemerintah agar keberadaannya tidak menimbulkan dampak negatif.

daftar pustaka:

buku pengenalan komputer, penerbit Andi Yogyakarta,oleh Prof.Dr Jogiyanto H.M, M.B.A.,Akt.

Blog pribadi: http://rezajae.blogspot.com/2012/11/bumi-yang-dipenuhi-robot.html