Robotika

Blog komunitas Robot Universitas Gunadarma

Mobile Web-based Telerobotics


kendalikan robot kapan pun, di mana pun…

Web-based telerobotics, atau sistem pengendalian robot jarak jauh melalui jaringan web, bukanlah merupakan hal yang baru dalam teknologi robotika. Berbagai penelitian mengenai web-based telerobotics sudah dirintis sejak awal dekade 90-an, dan mendapatkan hasil positif pertamanya di tahun 1994 ketika untuk pertama kalinya sebuah telerobot (istilah untuk robot yang dapat dikendalikan dari jarak jauh) berhasil terhubung ke jaringan web.

Web-based telerobotics memberikan kemudahan dan kesempatan bagi semua orang untuk dapat mengendalikan robot kapan pun, di mana pun, selama mereka terhubung ke dalam jaringan web.

Hingga saat ini terdapat 3 generasi arsitektur komunikasi telerobotika. Arsitektur generasi pertama memanfaatkan komunikasi data menggunakan Common Gateway Interface (CGI), yang menghubungkan komputer pengendali secara langsung ke telerobot. Arsitektur pertama masih memiliki banyak kelemahan karena keterbatasan dalam pemrograman CGI.

Kemudian, pada generasi kedua digunakan sistem client-server. Sistem ini memungkinkan beberapa orang (dalam konteks ini disebut client)mengendalikan sebuah telerobot. Server akan membuat daftar tunggu (queue list) apabila pada saat yang bersamaan terdapat 2 atau lebih client yang mengirimkan request kepada server. Pada generasi kedua, client mengendalikan telerobot melalui aplikasi web interaktif yang dikirimkan oleh server. Aplikasi interaktif untuk mengendalikan telerobot biasanya menggunakan JAVA applet, karena sifatnya yang multi-platform dan hardware independent.

Arsitektur ketiga, yang disebut Common Object Request Broker Architecture (CORBA), merupakan penyempurnaan dari arsitektur kedua. Generasi ketiga memisahkan server monitor telerobot dari server pengendalinya. Tujuannya adalah agar hasil video monitor telerobot menjadi lebih akurat dan bekerja secara real-time.

Hingga saat ini pengendalian telerobot baru dapat dilakukan melalui personal computer (PC), baik desktop ataupun notebook yang terhubung ke jaringan web. Namun, ada satu hal yang menarik perhatian saya, yaitu digunakannya aplikasi web interaktif yang menggunakan JAVA applet. Saat ini penggunaan program-program yang dibuat dalam bahasa JAVA sudah semakin meluas, karena sifatnya yang multi platform dan hardware independent. Penggunaan program-program JAVA yang paling ekstensif terdapat dalam teknologi mobile, khususnya telepon selular (ponsel). Saat ini, ponsel keluaran terbaru rata-rata telah menyertakan Operating System (OS) yang men-support program-program JAVA. Fitur-fitur yang terdapat di dalamnya semakin canggih, tak terkecuali fitur web browser. Saat ini kita sudah tidak begitu memerlukan kompresi data pada saat melakukan web browsing melalui ponsel. Hal ini dikarenakan kecepatan komunikasi data yang semakin meningkat. Saat ini kita sudah akan memasuki teknologi komunikasi data selular generasi keempat (4G).

Sehubungan dengan itu, menurut saya suatu saat nanti web-based telerobotics akan dengan mudah diakses melalui ponsel. Bayangkan apabila hal ini benar-benar terealisasi. Setiap orang di seluruh dunia akan dapat mengendalikan telerobot melalui ponsel mereka. Kapan pun dan di mana pun anda berada, telerobot dapat membantu anda, cukup dengan sentuhan pada keypad ponsel anda. Anda pun dapat mengamati hasil pekerjaan telerobot secara real-time dari layar ponsel anda.

Referensi:

Lasso, Andras, dan Urbancsek, Tamas, “Communication Architectures for Web-based Telerobotic System”, IEEE Mediterranean Conference on Control and Automation, 2001

Riyanto, Bambang, “Development of Architectures for Internet Telerobotics System”, The International Conference on Intelligent Unnamed System, 2007

Karya :

Yosfik Alqadri



Leave a Reply

Security Code: