Robotika

Blog komunitas Robot Universitas Gunadarma

Robot di Masa Depan


Pasti kamu pernah bertanya-tanya seperti apakah robot di masa depan. Dan kita juga sering menghayal, misalnya seandainya saja ada robot yang bisa mengemudikan kendaraan ketika kita ingin berpergian atau seandainya saja ada robot yang bisa menggantikan posisi kita saat mengerjakan kegiatan sehari-hari.

Ternyata sekarang hayalan itu telah menjadi kenyataan. Jika kita menginginkan robot pengemudi mobil, saat ini para peneliti di Massachusetts Institute of Technology (MIT) sedang menciptakan sebuah in-car personal robot yang diberi nama Affective Intelligent Driving Agent (AIDA). Robot ini didesain untuk menawarkan semacam fungsi sebagai co-driver yang bersahabat. Beragam teknologi dalam jumlah besar akan digunakan untuk mengendalikan kendaraan hingga pada akhirnya mengarah pada teknologi kendaraan yang dapat mengemudi sendiri.

Robot di Masa Depan
Affective Intelligent Driving Agent (AIDA)

Pernahkan kamu menonton film Surrogates? Film ini menceritakan masa depan dimana semua kegiatan manusia digantikan oleh robot kloningan manusia tersebut. Dan ternyata, sebuah perusahaan di Tokyo yang bernama Kokoro telah mampu membuat robot kloningan yang sangat mirip dengan manusia. Robot kloningan tersebut akan dibuat semirip mungkin dengan si pemesan, baik dari segi wajah, rambut, mata, dan tubuh. Yang mungkin akan membuat si pemesan semakin tercengang adalah karena si robot kembarannya tersebut juga bakal memiliki suara, ekspresi wajah, dan gerak gerik tubuh bagian atas yang mirip dengan dirinya. Mungkin robot kloningan ini merupakan asal mula dari robot kloningan yang ada di film Surrogates.

Robot di Masa Depan
Robot Kloningan

Revolusi perkembangan teknologi robot memang sungguh cepat saat ini, bahkan banyak proyek pengembangan teknologi sudah dipersiapkan untuk banyak kebutuhan manusia di masa depan. Bisa jadi banyak aspek dan keseharian kita di masa depan tidak terlepas dari teknologi robot dan sistem otomatisasi kerja yang sangat canggih disegala bidang.

Robot tak cuma pintar menjalankan perintah saja, seperti yang sekarang banyak dipekerjakan di industri mobil dan elektronik. Robot di masa depan diramalkan lebih mandiri, mampu membuat analisa dan menambil keputusan. Di bawah ini merupakan robot-robot yang diramalkan akan menemani kita di masa depan.

Robot di Masa Depan
Robot mainan anjing ini dibuat memiliki perilaku sama dengan aslinya

Bahkan dalam aspek rumah tanggapun sangat dimungkinkan sistem otomatisasi robot akan banyak membantu pekerjaan dan kegiatan manusia seperti baby sitter.

Robot di Masa Depan
Anakpun bisa diasuh oleh baby sitter robot

Robot di Masa Depan
Pelayan dan koki yang masak pun bisa digantikan robot

Robot di Masa Depan
wah Kenny G atau Dave Coz bisa pensiun gini caranya

Namun relakah pekerjaan atau profesi kita suatu hari nanti akan digantikan oleh robot-robot ini? Mungkin bagi seorang bos akan memilih robot-robot ini dibandingkan dengan kita, karena robot-robot ini lebih mudah diperintah dan tidak pernah membangkang. Mau tidak mau, kita harus siap berkompetisi dengan robot-robot ini dalam bekerja dan menjalani profesi kita. Namun bagaimanapun juga manusia memiliki banyak keunggulan yang masih susah untuk digantikan oleh robot sepintar apapun, yaitu perasaan, nalar dan emosi termasuk didalamnya cinta kasih.

Sumber : Detikinet.com, Rileks.com, Ruanghati.com

karya :

Riyanto Wibowo



Leave a Reply

Security Code: