Robotika

Blog komunitas Robot Universitas Gunadarma

Robot Penuhi Bumi


Robot adalah suatu mesin yang dapat diarahkan untuk mengerjakan bermacam-macam tugas tanpa campur tangan lagi dari manusia. Secara ideal robot diharapkan dapat melihat, mendengar, menganalisa lingkungannya dan dapat melakukan tindakan-tindakan yang terprogram. Dewasa ini robot digunakan untuk maksud-maksud tertentu dan yang paling banyak adalah untuk keperluan industri. Robot dapat bekerja disituasi 3D yaitu Dirtydangerous atau difficult.

Ada banyak cara dalam menggolongkan robot, mulai dari ukurannya, kemampuannya, kecepatannya, kekuatannya dan lain-lain, tapi yang paling umum adalah penggolongan robot menurut penggunaannya.

a.personal robot

disebut juga dengan home robots (robot rumah tangga). Membersihkan lantai, mencuci pakaian, memasak, mengatur jadwal, menerima telpon dan pekerjaan rutin lainnya dapat dikerjakaan oleh personal robot.

b.industrial robot

merupakan robot yang digunakan untuk membantu didalam proses industri, misalnya untuk menyusun barang, mengelas besi, mengecat, memasang komponen benda dan lain sebagainya.

Dewasa ini robot sudah sangat banyak dipakai diseluruh dunia, berikut ini adalah daftar jumlah robot yang dipasang pada tahun 1985.

Negara Jumlah robot
Jepang 16000
Amerika serikat 7700
Jerman barat 5000
Great britain 3000
Swedia 2300
Norwegia 1000
finlandia 950
Switzerland 600
Polandia 200
Belgia 200
Yugoslavia 150
denmark 110

Pada tahun 1985 jumlah robot di seluruh dunia sudah mencapai angka 3721, bagaimana dengan masa kini? Tentu saja jumlah tersebut akan terus bertambah dari tahun ke tahun karena pada hakekatnya manusia tidak pernah merasa puas, sehingga mereka akan terus menciptakan robot-robot yang lebih canggih dan modern untuk membantu meringankan pekerjaannya. Disamping itu, persaingan bisnis antar perusahaan pencipta robot semakin ketat sehingga para ilmuwan terus berlomba-lomba dalam menciptakan robot yang lebih mutakhir.

Perkembangan robot di dunia sangatlah pesat, tidak menutup kemungkinan pada masa yang akan datang dunia ini akan dipenuhi oleh robot. Anda pasti pernah mendengar atau menyaksikan sebuah cerita tentang masa depan dimana manusia dan robot hidup berdampingan dan saling bergantung satu sama lain. Hingga pada akhirnya robot-robot yang tercipta semakin lebih pintar dari manusia merasa dan merasa bahwa manusia merupakan majikan yang tidak tepat lagi, tidak berguna dan banyak kekurangannya. Cerita tersebut bukanlah semata-mata pikiran liar dari si pengarang, akan tetapi sebuah kesimpulan atas perkembangan robot yang semakin pesat.

Segala sesuatu pasti memiliki dampak positif dan negatifnya. Pemakaian robot pada sebuah industri akan memiliki banyak hal-hal yang lebih daripada industri yang masih menggunakan tenaga manusia dalam pengerjaannya. Hal-hal tersebut adalah kecepatan, kerapihan, dan pengeluaran yang lebih minim. Robot yang diprogram untuk mengerjakan sesuatu akan memiliki kecepatan, kerapihan dan ketelitian yang lebih tinggi daripada manusia, serta biaya perawatan robot cenderung lebih murah dibandingkan gaji untuk para pegawai. Tentu saja hal ini memberikan keuntungan yang besar kepada industri, akan tetapi di lain sisi hal tersebut berdampak negatif terhadap para pegawainya. Akan banyak pegawai yang kehilangan pekerjaannya karena posisinya yang telah digantikan oleh robot. Dampak negatif lainnya ada pada sistem pertahanan negara. Mungkin saja para ilmuwan akan menciptakan mesin pembunuh (robot perang) untuk melakukan intimidasi terhadap negara lain.

Sesungguhnya robot sangat membantu dalam pekerjaan manusia, akan tetapi perkembangannya harus diimbangi dengan peraturan dan strategi baru oleh pemerintah agar keberadaannya tidak menimbulkan dampak negatif.

daftar pustaka:

buku pengenalan komputer, penerbit Andi Yogyakarta,oleh Prof.Dr Jogiyanto H.M, M.B.A.,Akt.

Blog pribadi: http://rezajae.blogspot.com/2012/11/bumi-yang-dipenuhi-robot.html



Leave a Reply

Security Code: