Robotika

Blog komunitas Robot Universitas Gunadarma

Peran dan Dampak Robot Curiosity Terhadap Manusia


Ada banyak kegunaan robot dalam berbagai segi kehidupan mulai dari rumah tangga sampai industri. Namun secara umum kegunaan robot yaitu untuk menggantikan kinerja manusia yang membutuhkan ketelitian yang tinggi dan mengurangi bahkan menghilangkan resiko kecelakaan yang cukup tinggi jika manusia melakukan pekerjaan tersebut karena manusia memiliki rasa lelah jika bekerja secara terus menerus dan pada saat lelah ketelitian pekerjaan yang dilakukan dapat berkurang, lain halnya jika pekerjaan tersebut dilakukan oleh robot. Salah satu peran dan dampak yang sangat berpengaruh bagi kehidupan manusia yaitu sebagai alat bantu manusia dalam melakukan eksperimen ilmiah di luar angkasa.

Curiosity, merupakan robot penjelajah NASA yang akhir – akhir ini sering di bicarakan oleh seluruh penjuru dunia, robot pengelana bernama Curiosity ke Planet Merah tersebut untuk mempelajari apakah pernah ada kehidupan mikroba di sana. Robot itu dilengkapi dengan instrumen sains, termasuk laser yang dapat memindai batu untuk mengetahui elemen kandungannya. Tetapi mendaratkan proyek eksplorasi ini dengan aman akan menjadi tantangan kolosal. Dua pertiga dari seluruh misi yang pernah dikirim ke Planet Merah gagal, banyak yang hilang saat berusaha menembus atmosfer Mars. Dan, badan antariksa AS memiliki kepercayaan diri yang besar bahwa strategi mendarat risiko tinggi rancangan mereka dapat mengantarkan Curiosity ke permukaan dengan aman Strategi ini akan menggunakan serangkaian manuver otomatis untuk memperlambat jatuhnya si robot pada kecepatan 20.000 km/jam dari puncak atmosfer menjadi kurang dari 1m/detik saat mendarat. Pada tahap terakhir rangkaian ini, sebuah derek bertenaga roket akan menurunkan robot ke tanah dengan tali nilon.

Nasa akan memantau drama pendaratan ini dari Jet Propulsion Laboratory di Pasadena, California.
Di sinilah kendali misi ini akan menerima sinyal dari Curiosity yang kemudian dilontarkan ke Bumi dengan satelit Odyssey. Para insinyur di Nasa hanya dapat menyaksikan dan menunggu. Jarak 250 juta km antara Mars dan Bumi berarti akan terjadi jeda 13 menit dalam komunikasi.
Tim mengetahui bahwa ketika mereka mendapat sinyal yang mengatakan robot telah memasuki atmosfer planet itu, maka kenyataannya hanyalah bahwa robot itu sudah mendarat atau hancur tujuh menit sebelumnya.

Dan akhirnya Para ahli yang tergabung dalam tim Mars Science Laboratory (MSL) bersorak gembira merayakan keberhasilan mereka mendaratkan dengan sukses robot kendaraan penjelajah Curiosity di permukaan Planet Mars, usai menerima kiriman gambar pertama di Laboratorium Jet Propulsion milik NASA di Pasadena, California, Senin (6/8). Di Mars, robot seharga Rp23,6 triliun ini akan meneliti tanah dan bebatuan yang ada untuk memeriksa kemungkinan tanda-tanda kehidupan di planet merah tersebut.

SETELAH penerbangan selama 36 pekan, kendaraan robotik canggih milik Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA), Curiosity, mendarat di samping pegunungan di Planet Mars pada Senin (6/8). Robot tersebut akan melakukan penelitian selama dua tahun.
Pesawat antariksa The Mars Science Laboratory (MSL) yang membawa Curiosity berhasil melalui semua tahapan pendaratan paling kompleks di permukaan Mars. Termasuk tahapan akhir berupa memutuskan tali kekang dan bermanuver terbang dari ransel roket.

Menurut situs resmi NASA, kendaraan robotik itu mendarat di dekat kaki sebuah gunung dengan tinggi tiga mil (4,8 kilometer) dan diameter 96 mil (154,5 kilometer) di dalam kawah yang disebut Gale Crater.
“Hari ini roda-roda Curiosity sudah mengawali langkah manusia di Mars. Curiosity sekarang sudah ada di permukaan Planet Merah, dimana dia akan mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tentang apakah pernah ada kehidupan di sana,” kata Administrator NASA, Charles Bolden.

Curiosity sudah mengirimkan pandangan pertamanya di Mars, sebuah daratan luas berbatu di depan kendaraan.  Observasi dari orbit sudah mengidentifikasi tanah liat dan mineral sulfat pada lapisan bawah, menunjukkan bahwa sebelumnya daerah itu pernah basah. Dalam beberapa hari ke depan Curiosity akan mengirimkan lebih banyak gambar dari Mars.

Foto berwarna pertama yang berhasil diambil di Mars

“Curiosity berbicara dengan kami dari permukaan Mars. Pendaratan itu membawa kami melewati momen paling berbahaya dalam proyek ini dan mengawali misi baru untuk mencapai tujuan-tujuan ilmiah,” kata Manajer Proyek MSL dari Laboratorium Propulsi Jet NASA, Peter Theisinger.
California, – Badan Antariksa Amerika Serikat alias NASA mengklaim mesin robot luar angkasa buatannya, Curiosity, menjalani hari kedua di planet Mars dengan ‘sempurna’. Dilaporkan bahwa jaringan komunikasi dan mesin pembangkit yang ada pada Curiosity mampu berfungsi dengan baik.
“Kami sangat percaya diri bahwa kami memiliki banyak kapasitas data sekarang, kita juga memiliki semua jaringan ini, dan itu merupakan salah satu tujuan utama dari misi ini,” ujar manajer misi NASA ke Mars, Jennifer Trosper dalam konferensi pers di Jet Propulsion Laboratory, California, seperti dilansir oleh AFP, Kamis (9/8/2012).

Trosper menjelaskan, sepasang kamera yang tampak seperti mata Curiosity akan mulai difungsikan pada hari ini. Kamera ini nantinya akan mampu memberikan pemandangan 360 derajat panorama Mars di sekitar Curiosity.
Selain itu, Trosper menuturkan, mesin pembangkit listrik yang ada pada Curiosity dilaporkan mampu bekerja baik. Malah, lanjutnya, mampu memberikan daya yang lebih besar dari yang diharapkan. Hal ini diharapkan mampu menyokong operasional Curiosity dalam jangka waktu yang lebih panjang.
Pada hari pertamanya di Mars, Curiosity telah mengirimkan foto-foto pemandangan planet Merah untuk pertama kalinya ke bumi. Salah satunya foto berwarna yang belum pernah ada sebelumnya. Hal ini cukup membanggakan mengingat bahwa kondisi suhu udara di sekitar Curiosity dilaporkan sedikit lebih panas dari yang diperkirakan. Sayangnya, NASA tidak memberikan angka detil soal suhu udara di Mars, kendati sebelumnya NASA memperkirakan suhu udara di planet tersebut berada di antara minus 90 hingga 0 derajat Celcius.

Dalam beberapa hari ke depan, Curiosity akan mulai menjalankan misinya di Mars. Mesin penjelajah yang bernilai US$ 2,5 miliar atau setara dengan Rp 23,6 triliun ini akan mulai mengaktifkan Mars Science Laboratory yang terpasang di dalamnya, sembari terus menjelajah daratan Mars.
Secara perlahan, Curiosity kini bergerak naik dari Kawah Gale ke puncak Mount Sharp agar penelitian bisa berjalan lebih mudah. Perjalanan yang harus ditempuh Curiosity berjarak puluhan kilometer dan mungkin memakan waktu nyaris setahun untuk menyelesaikan seluruh misinya di Mars.
Diketahui bahwa Curiosity memiliki tugas untuk meneliti tanah dan bebatuan yang ada untuk memeriksa kemungkinan tanda-tanda kehidupan di planet tersebut. Curiosity juga akan meneliti lingkungan planet Mars dalam rangka mempersiapkan misi manusia ke Mars di masa depan. Curiosity yang dijuluki ‘mesin impian’ oleh para ilmuwan NASA ini, dilengkapi sejumlah peralatan mutakhir, seperti kamera super canggih, lengan robotik yang dilengkapi bor, laboratorium kimia kecil dan laser penembus batu.

Kendaraan robotik itu membawa sepuluh instrumen ilmiah, dengan total berat 15 kali lebih berat dari muatan kendaraan yang sebelumnya mendarat di Mars, Spirit dan Opportunity. Perangkat yang dibawa antara lain, instrumen penembak laser untuk memeriksa elemen penyusun batuan dari jauh.
Curiosity juga menggunakan bor dan sendok di ujung lengannya untuk mengumpulkan sampel tanah dan bubuk batuan, kemudian menyaring dan memasukannya ke dalam perangkat analitik laboratorium dalam kendaraan. Selanjutnya Curiosity akan memulai misi perdana untuk menyelidiki kemungkinan kondisi planet tersebut sesuai untuk kehidupan mikrobia. Bolden mengatakan, pendaratan Curiosity di Mars hari ini akan menandai langkah awal untuk mengirimkan manusia ke Mars pada pertengahan tahun 2030.

Ingin lebih banyak tau atau lebih mengenal robot ini klik link video di bawah ini :

Semoga bukan hanya NASA yang dapat mengirimkan robotnya ke Mars, tetapi para generasi muda Indonesia dapat mengirimkan robot ke planet – planet lainnya yang belum di teliti sebelumnya. Semoga apa yang saya tulis dalam blog ini dapat menambah ilmu para pembaca kurang lebihnya mohon maaf, terima kasih.
Blog Pribadi :


Leave a Reply

Security Code: