Robotika

Blog komunitas Robot Universitas Gunadarma

Robot dan Kendali dengan Sistem Cloud


Dengan zaman yang semakin maju, teknologi semakin canggih, itulah yang terjadi saat ini. Perkembangan teknologi saat ini sangatlah cepat dalam hitungan bulan beberapa generasi teknologi baru pun mucnul dengan peningkatan kualitas yang lebih baik dari sebelumnya, saat ini saya akan membahas mengenai perkembangan robotika.
Pasti pernah menonton film fiksi ilmiah seperti transformers, iron man, dan banyak lagi, mungkin dalam beberapa tahun hal yang ada dalam film tersebut akan terwujud. Seperti halnya robot humanoid yaitu robot yang menyerupai manusia dari perilaku dan gerak anggota tubuh,  robot jenis ini masih terus dikembangkan agar memiliki gerak yang mendekati gerak manusia.
Dahulu untuk dapat mengendalikan sebuah robot harus menjadi programmer hebat. Menggunakan sebuah controller untuk mengendalikan robot atau memberi perintah sederhana.
Tapi dengan sistem cloud computing yang akan dikembangkan oleh Microsoft, Institute of Technology Purwadhika Nusantara, dan World Robotic Explorer nampaknya semua orang dapat memiliki robot pintar dan dapat mengendalikannya.
Seperti diketahui, cloud computing adalah database yang dapat diakses dengan menggunakan internet. Semua data akan tersimpan di server, semua orang dapat mengakses data tersebut melalui teknologi yang dimilikinya seperti smartphone, netbook atau notebook. Karena itu, data yang ada tidak terbatas dibandingkan data yang ada pada sebuah gadget.
Dulu jamannya komputer-komputer besar berukuran seperti lemari. Orang harus terhubung dengan terminal atau server untuk mengakses data. Lalu, berkembang komputer individu atau notebook untuk dapat menyimpan data pribadi.
Sesuai perkembangan, para ahli pun menganggap hal tersebut tidak cukup. Setelah berkembangya teknologi internet, berkembang pula teknologi cloud computing yang tidak terbatas.
Sekian dari saya mohon maaf  bila  ada kekurangan dan kesalahan dalam penulisan.
Terimakasih


Leave a Reply

Security Code: