Robotika

Blog komunitas Robot Universitas Gunadarma

Pembuatan PCB


Dalam pembuatan PCB melalui beberapa tahap, yaitu :

  1. Penyusunan Komponen
  2. Penggambaran Rancangan Jalur
  3. Menuangkan Rancangan Jalur ke PCB
  4. Penyempurnaan PCB
  5. Pemasangan Komponen dan Penyolderan
  6. Penyempurnaan

Penyusunan Komponen

Penyusunan komponen disini adalah penyusunan komponen menggunakan software PCB layout editor.  software ini sendiri ada yang free dan ada juga yang bayar. Contoh editor PCB yang dapat digunakan adalah

  1. Express PCB 
  2. Eagle
  3. FreePCB
  4. Rimu PCB

Pertama sekali harus mengenal alat yang akan dibuat, setidaknya harus menetapkan ukuran maksimal sehingga dapat di tentukan ukuran PCB Maksimal. Sebelum menyusun setidaknya harus di kenal komponen-komponen yang akan digunakan, termasuk ukuran dan sifat-sifatnya seperti ketahanan panas. Dimana komponen-komponen yang mudah panas di berikan jeda untuk tempat memasang heatsink.
Dalam penyusunan Komponen, usahakan komponen yang biasa di buka pasang dan gampang rusak di letakkan di pinggir. Cara ini berguna agar bila terjadi kerusakan komponen ataupun penggantian komponen dapat dengan mudah di lakukan. Termasuk untuk mencabut dan memasang komponen kembali dan juga yang menggunakan socket ataupun tidak.
Letakkan komponen-komponen yang sama searah agar pada saat pemasangan komponen tidak bingung mengenai arah. Hal seperti ini dilakukan dalam peletakkan IC juga transistor. Selain memudahkan dalam pemasangan ataupun melepaskan, disini juga terletak nilai seninya.
Dalam peletakkan komponen yang keciilpun dapat dengan berbagai cara. Seperti komponen resistor tabung dan diode yang biasanya mempunyai fisik yang memanjang ramping bias di letakkan berdiri.
Dan perlu diingat kempabali penyusunan komponen harus di sesuaikan dengan ukuran PCB, dan juga jangan terlalu rapat, agar mudah dalam pengambilan data atupun analisa.

Penggambaran Rancangan Jalur

Dalam pengambaran jalur, komponen-komponen yang mempunyai nomor pin dan juga mempunyai kutub footprintnya harap ditandai. Hal ini di maksudkan agar tidak terbalik dalam pemasangan komponen.

Dalam pengambaran jalur lebar garis jalur dan jarak antar jalur usahakan seefektif mungkin, ini di maksdukan agar mudah dalam pelunturan jalur yang tidak dipakai dan penyolderan mudah dilakukan. Dan bila terdapat jeda yang besar usahakan di isi, bias berhubungan dengan jalur ataupun lepas dari jalur.
Misalnya akan di buat rangkaian Multivibrator

Dalam pengambaran jalur lebar garis jalur dan jarak antar jalur usahakan seefektif mungkin, ini di maksdukan agar mudah dalam pelunturan jalur yang tidak dipakai dan penyolderan mudah dilakukan. Dan bila terdapat jeda yang besar usahakan di isi, bias berhubungan dengan jalur ataupun lepas dari jalur.
Misalnya akan di buat rangkaian Multivibrator

Pada rangkain multifibrator ini akan dibuat rangkaian dengan luas PCB 3X3 cm. Lalu komponen disusun serapi mungkin dan seefisien mungkin.


Pada penyusunan komponen diatas, pin led untuk katoda berbentuk kotak, dan terminal 2 pin untuk ground berbentuk kotak. Peletakkan resistor 2 buah resistor diletakkan tidur dan 2 buah resistor diletakkan berdiri. Resistor yang diletakkan tidur dimaksudkan agar diantara pin resistor bias di lewati jalur, dan resistor yang diletakkan berdiri maka antara pin tidak akan di lewatkan jalur.
Lalu jalur PCB digambar seegisien mungkin. Pada rangkaian ini lebar jalur PCB yang saya gunakan adalah 0.7 cm.

Sampai disini penggambaran PCB sebenarnya sudah selesai. Tetapi dapat dilihat banyak sekali space yang masih kosong. Kelemahan dari gambar PCB ini, pada saat melunturkan PCB akan berlansung lama, mengingat banyak space yang akan di lunturkan pula, ini mempunyai resiko jalur yang akan di gunakan akan terangkat pula. Untuk ini dapat di lakukan penutupan pada jalur yang tidak dipakai.

sampai disini perancangan jalur sudah selesai



10 Responses to “Pembuatan PCB”

  1. Ichan Says:

    Rekan-rekan terhormat,

    Mohon maaf sebelumnya kalau tidak berkenan,

    Dengan ini kami memperkenalkan perusahaan kami base di Jakarta : AnekaPCB.

    Dapat mengerjakan PCB Prototyping dari : Gerber RS274x, Protel / Altium, OrCAD, Eagle, DipTrace, Proteus Ares, Sprint Layout.
    Single Layer maupun Double Layer Plated Thru Holes.
    (No Minimum Order)

    Kalau memerlukan informasi lebih lanjut.

    Silahkan berkunjung ke: http://www.anekapcb.com

    Hormat Kami,

    sales@anekapcb.com

    @ichan,
    Makasih, tapi dapat discount ya ….

  2. bond Says:

    tengkyu bozz…info yang bermanfaat

  3. Robotika » Blog Archive » Pembuatan PCB II Says:

    […] postingan saya sebelumnya Pembuatan PCB akan diteruskan dengan penuangann gambar ke […]

  4. putra JS Says:

    saya mau tanya, saya ada tugas pempuatan alat ukur. Saya sudah ada blog diagram sama gambar rangkaiannya, tapi saya suit untuk membuat lay out PCBnya, bisa dibantu?? kalo bisa saya akan kirimkan gambar rangkaiannya. Thanxz

  5. Zamie Says:

    saya masih sangat awam sekali sama robotika,, sekarang saya masih kuliah d salah satu PTS d jakarta semester akhir, dan saya ingin sekali TA saya membuat robot,, bisa bantu gak yaah..??
    saya harap nak2 gundar mau berbagi iLmunya sama saya..
    thaankz,, dtggu…

  6. ihin Says:

    maaf saya mau nanya,kalau software terbaru untuk lay out pcb apa,saya bisa mendapatkanya dimana kalau bisa download dimana ada yang free ga.sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.

  7. Ardhif Says:

    Dmna bsa dpatkan sofware pcb, and skaliar hargana brapa?

  8. susan Says:

    waduh dek, kamu itu ya. banyak software koq. pake eagle tuh yang familiar

  9. CHRISTI ANANDA Says:

    pembuatan PCB untuk bagi yg awal mnurut saya, mngunakan tangan sendiri mulai dari perancangan blog jalur >>>Layout smpai finishing agar ahli & terbiasa dlm logika kreativ tanpa bantuan software,, kalau sdh mulai bisa 80% bru mngunakan software lebih baik and ahli,,

  10. Oji Says:

    Alternatif lain pembuatan pcb prototype dengan ketelitian tinggi:

    1. Menggunakan mesin CNC Router kecil yang presisi, tembaga pada pcb di milling dengan V-Cutter yang tajam.
    2. Menggunakan mesin Laser Engraving, dimana bagian tembaga pcb di cat dulu dengan cat semprot (pylox atau sejenis). Setelah kering betul cat nya di engrave dengan laser dan kemudian hasil nya di etching.

    Kami menjual cnc router maupun laser engraving yang sesuai untuk pembuatan pcb prototype, juga mesin-mesin lain yang lebih besar maupun CNC hobby dan DIY Kit. Mesin kami semuanya berkualitas baik dengan harga yang terjangkau dengan garansi dan support sepenuhnya, silahkan berkunjung ke website kami:

    http://www.JualCNC.com

    Terima kasih.
    Oji (Oji.JualCnc@gmail.com)

Leave a Reply

Security Code: