Robotika

Blog komunitas Robot Universitas Gunadarma

Pembuatan PCB II


Setelah postingan saya sebelumnya Pembuatan PCB akan diteruskan dengan penuangann gambar ke PCB.

Menuangkan Rancangan ke Jalur PCB

setelah rancangan jadi berupa file ataupun rancangan di kertas, bila rancangan anda gambarkan di kertas, adnda tinggal fotocopy gambar tersebut ke media yang licin, seperti palstik transparansi, kertas kalkir ataupun kertas kalender yang tebal. Bila berupa file print gambar ke transparansi, ataupun kertas kalkir ataupun kertas kalender dengna printer laser. O)O ya perlu diingatkan bagian tempat print pada kertas kalender yang tidak bergambar.

PCB yang akan digunakan dibersihkan, dapat meggunakan sabun ataupun ampelas, ini bertujuan agar jalur yang digunakan bersih dari debu dan kotoran lain2, yang paling baik adalah dengan mengampelasnya. jika kurang bersih takutnya jalur yang kita salin tidak menempel pada pcb tetapi malah debu atau kotoran.

potong pcb sesuai keperluan, lalu tempelkan jalur yang sudah di print ke pcb. nyalakan setrika listrik jangan terlalu panas, kurangi satu bar pada settingan setrika. ini dimaksudkan agar pada saat setrika plastik tempat gambar jalur tidak akan bergeser, ataupun setrika dinyalakan full harus di lapisi dengan kertas lain.

lalu setrika plastik atau kertas tadi yang sudah menempel di pcb, perlu diingat jangan mendiamkan lama2 setrika di atas pcb, ini dimaksudkan agar tinta pada jalur tidak meleleh dan meluber. setrika secukupnya sampai jalur sudah tersalin.

lalu lepas plastik tadi. ada tips dari kawan kita agung, kalo melepasnya sambil direndam dengan air dingin, ini sangat masuk akal, juka keadaan pcb tadi panas, maka kemungkinan tintanya juga belum membeku. sampai disini penyalinan gambar ke pcb sudah selesai.

Penyempurnaan PCB

sediakan wadah yang cukup untuk pcb yang terbuat dari plastik. lalu larutkan ferriclorit pada air mendididh secukupnya, setelah teraduk rata masukkan pcb yang sudah ada jalur tadi kedalam larutan ferriclorit, perlu diingat jangan mengaduk dengan bahan besi, gunakannlah dengan yang berbahan plastik ataupun kayu.

setelah selesai bersihkan kembali pcb dari tinta yang menempel pada pcb, bisa menggunakan ampelas, thiner dan lain2. Bersihkan sebersih-bersihnya pcb dari kotoran, agar pada saat menyolder timah lansung menempel pada pcb.

lalu pasang terlebih dahulu komponen-komponen kecil terlebih dahulu, rapikan usahakan semua kakinya masuk dengan tepat, jangan memperpanjang kaki komponen keluar karena bisa saja mengganggu peletakkan komponen lain ataupun tersenggol dengan komponen lain.

Selanjutnya ke komponen lebih besar.

setelah semua selesai semua komponen terpasang maka pembuatan rangkaian sudah selesai.



One Response to “Pembuatan PCB II”

  1. Irawan Says:

    Info yg bagus mas.
    Aku dah mraktekin, tapi pake slide OHP (plastik transparan yg buat presentasi di atas overhead projector).
    Jadi dari gambar layout pcb > print > fotokopi OHP
    Wuih tintanya/toner nya manteb banget direndem pake cairan etsanya satu jam pun gak luntur

Leave a Reply

Security Code: