Robotika

Blog komunitas Robot Universitas Gunadarma

dasar robotika….. 1


sebelumnya….apa sih yang terlintas dipikiran ketika ketika mendengar kata robot???

-Transformer

-ASHIMO

-alat2 otomasi di perindustrian

-film I,robot , bicentialman, A.I, astro boy, doraemon#emang doraemon robot????hehehe…kucing ajaib ya si doraemon…. bisa mengeluarkan banyak alat dari kantong ajaibnya…..<klo yg soal film itu emang dr imajinasi saya…klo udah ngomongin robot.langsung jawabnya “ohh, yg kyk di film ini yah…atw film itu yach……. :D>

-wall-e <ini film br ditonton setelah ikut klub robotika…. :D>

naahhh…… dari sekian banyak film yang saya sebutkan diatas, mana yg sudah pernah di tonton???#intermezzo sejenak

:)…..:)

ya….banyak film yang sudah memberikan gambaran tentang robot….#yang belum nonton disarankan untuk menonton…..

hehehe……

#serius ON wajib tahu…….

3hukum dasar dan mutlak dalam robot:

3 Hukum Robot. Yang berbunyi :
1. Sebuah robot tidak boleh melukai manusia.
2. Sebuah robot harus mematuhi perintah apapun yang diberikan oleh manusia kepadanya, kecuali perintah tersebut akan bertentangan dengan hukum pertama.
3. Sebuah robot harus melindungi dirinya sendiri selama perlindungan tersebut tidak bertentangan dengan hukum pertama dan hukum kedua.

mw jelas ttg 3 hukum di atas, mungkin akan lebih dipahami klo udah nonton film I,robot#promosi lg….


nah, sekarang kita mulai dengan sedikit penjelasan tentang dasar-dasar robotikan itu sendiri…..

klo kita liat di internet dan baca dr buku, robot itu sendiri memiliki sistem…..

kenapa saya bilang sistem….robot itu ga berdiri sendiri ,,,yang kita bikin atau kita sulap langsung jadi…..simsalabim jadi apa prok…prok….prok…. 😀 #kidding


3hal yang menjadi dasar dalam robotika, dan ini adalah sebuah kesatuan mutlak, yang g bisa berdiri sendiri2

-> mekanik, elektronik dan programming….#waallaaahhh…apapula ini, br denger aja udah pusyiiingg 🙁

#tenang..tenang…kita akan pelajari satu, satu….. 🙂


  1. mekanik : harus tw betul susunan mekanik sebuah robot…torsi untuk mobile robot….keseimbangan untuk humanoid biar kuat berdiri….berat robot….#nanti ada penjelasan lg kok tenang saja… :D*saya jg sdg belajar
  2. elektronik : nah, yang ini harus tw bagaimana pembagian daya untuk motor, daya untuk sensor, terus, karakteristik sensor ini, daya yang dibutuhin, bikin rangkaian tambahan untuk mengimbangi daya yang keluar dan daya yang masuk, biar ga short a.k.a nyetrum 😀 dan  biar g overdaya supaya ga meledak*pengalamn pribadi….
  3. programming : nah, yang ini urusan nya sama kompi….utak-atik prosedur A, prosedur B biar robotnya bisa jalan sesuai algoritma yang diberikan…..nah, lewat program jg diberikan logic untuk mengerti mana yang harus dilakukan dan mana yng g boleh dilakukan…

so, robot jg punya aturan maen biar ga jd salah penggunaan… 🙂

mw tw lebih banyak tentang mekanik, elektronik dan pemrogramannya…..

selain ada yang sudah di posting oleh kaka2 dari klub robotika gunadarma CERC

nanti postingan baru……

untuk referensi bisa berkunjung ke

# www.psico_zone@wordpress.com

# wwwgedex.web.id

# pitowarno,endra” Robotika dan Desain Kontrol dan Kecerdasan Buatan”, 2006, Penerbit Andi Yogyakarta, Surabaya

penulisan ini masih membutuhkan banyak saran, kritik  dan kembali mari kita sama2 membuka wawasan…



5 Responses to “dasar robotika….. 1”

  1. bianconeri Says:

    Robot adalah sebuah alat mekanik yang dapat melakukan tugas fisik, baik menggunakan pengawasan dan kontrol manusia, ataupun menggunakan program yang telah didefinisikan terlebih dulu (kecerdasan buatan). Robot biasanya digunakan untuk tugas yang berat, berbahaya, pekerjaan yang berulang dan kotor. Biasanya kebanyakan robot industri digunakan dalam bidang produksi. Penggunaan robot lainnya termasuk untuk pembersihan limbah beracun, penjelajahan bawah air dan luar angkasa, pertambangan, pekerjaan “cari dan tolong” (search and rescue), dan untuk pencarian tambang. Belakangan ini robot mulai memasuki pasaran konsumen di bidang hiburan, dan alat pembantu rumah tangga, seperti penyedot debu, dan pemotong rumput.
    ini baru namanya ROBOT by : andi bianconeri
    http://www.uad.ac.id

  2. Iccank Devilz Says:

    nice post.

    salam kenal sesama pecinta robotika..

  3. Nuno Says:

    Ternyata ada aturannya juga to, tapi aturan itu didasarkan pada Undang Undang atau apa?

  4. robotindo Says:

    yah bener banget tu,, orang awam menganggap robot adala sesuatu hal yang lebay,,,

    namun kita yang membuat robot sederhana saja otak dah kriting,,,

    gabung di forum robotic indonesia
    http://www.robotindo.us

  5. ryan Says:

    mau tanya bagaimana cara buat gabung di grup robotika.. atau seledar mau tau sentang seputar informasi terbaru di dunia robotika

Leave a Reply

Security Code: