Robotika

Blog komunitas Robot Universitas Gunadarma

Robot dan Manusia Akan Saling Berperang?


Pernah nonton Transformer? Terminator ? Wall – E ? I, Robot dan film – film mengenai teknologi robotika?
Jika iya, kita melihat bahwa film yang menceritakan tentang interaksi antara robot dan manusia. Namun dari kesemua film – film tersebut, rata – rata memiliki alur cerita yang hampir sama. Misalnya saja film Wall – E yang menceritakan tentang bagaimana kehidupan manusia yang akan datang, tentang bagaimana bumi sudah terisi penuh dengan sampah sehingga diciptakanlah sebuah robot yang bernama Wall – E untuk membersihkan sampah. Lama – kelamaan, seluruh manusia pergi ke luar angkasa karena bumi sudah penuh dengan sampah sampai – sampai hanya tersisa 1 buah pohon yang dijaga oleh Wall – E, penghuni satu – satunya bumi. Singkat cerita, sistem robotika yang ada pada pesawat manusia di luar angkasa berubah menjadi musuh manusia karena tidak mengijinkan manusia untuk kembali ke Bumi.

Beberapa waktu lalu, tepatnya 2 Desember 2009 saya mengikuti seminar nasional di STIKOM Surabaya yang mengusung tema “IT For Life“. Pada kesempatan itu, saya mengajukan pertanyaan tentang masalah diatas, intinya apakah mungkin kehidupan

manusia di masa yang mendatang robot akan menguasai manusia. Ternyata jawabannya adalah “Mungkin saja terjadi, namun kemungkinan tidak dalam waktu dekat. Seperti yang Saya bilang sebelumnya, sebuah teknologi robot seperti pedang, dengan penggunaan yang benar, tentu ia akan menjadi barang yang berguna, namun jika digunakan untuk kejahatan bisa saja digunakan untuk membunuh. Kesimpulannya, sebuah teknologi tetap saja membutuhkan kebijakan penciptanya, disini adalah manusia”.

Wow, jawaban yang mencengangkan buat saya, karena seketika saya memikirkan bagaimana mengerikannya hidup jika dijajah oleh teknologi yang berevolusi menjadi musuh manusia.

Dalam seminar tersebut, Prof. Shahab (bahkan dia tidak menggunakan handphone) memaparkan juga tentang generasi robot. Ini adalah teori yang menguatkan bagaimana bisa sebuah robot menguasai kita. Sebuah robot yang diciptakan langsung oleh manusia merupakan robot generasi I. Sebuah robot yang diciptakan untuk menciptakan robot disebut robot generasi ke II dan seterusnya. Disini kita bisa menilai bahwa semakin maju, bukan tidak mungkin sebuah robot akan menciptakan robot lainnya dengan atau tanpa izin dari manusia.

Atau cerita film I, Robot yang mengisahkan tentang visi robot yang berubah untuk menghancurkan manusia karena dianggap membahayakan manusia itu sendiri bahkan menghancurkan lingkungan.

Satu hal lainnya yang membuat saya tertawa geli adalah ketika beliau menjelaskan betapa herannya ia ketika diciptakan robot panjat pinang. Jika tujuannya adalah mengimplementasikan kreatifitas ya sah – sah saja. Namun beliau mengambil contoh lain, bagaimana dengan robot pemungut sampah? Bisa – bisa manusia akan mengandalkan sebuah robot hanya untuk membuang sampah pada tempatnya.Bahkan ketergantungan, memang kelihatannya tidak mungkin ketergantungan namun ia mengambil contoh lainnya dengan teknologi ponsel. Kini hampir semua kalangan memilikinya. Tidak sedikit orang seperti tidak memakai pakaian ketika ia lupa membawa ponselnya.

Lalu bagaimana kita memanfaatkan teknologi khususnya robot? Agar bisa 100% persen bermanfaat, maka diperlukan pendidikan terarah bagaimana teknologi robot, tujuannya ntuk apa dan pemahaman fundamental lainnya. Lalu sudah seharusnya kita tidak memberikan ketergantungan yang berlebihan terhadap robot. Dan yang terakhir adalah paham akan kelebihan dan kekurangan serta bahaya yang terkandng dalam teknologi ini.

Karya :

Karya : Silmina Ulfah



2 Responses to “Robot dan Manusia Akan Saling Berperang?”

  1. konita Says:

    nice..
    thank’s for your write article..

  2. konita Says:

    nice .. good article..

Leave a Reply

Security Code: