Robotika

Blog komunitas Robot Universitas Gunadarma

Masa Depan Manusia Ada Di Tangan Robot?


<!– @page { margin: 0.79in } P { margin-bottom: 0.08in } –>

Mungkin kita sudah tidak asing lagi mendengar kata robot. Robot adalah salah satu gambaran dari perkembangan teknologi yang canggih, manusia menciptakan robot tidak lain adalah untuk membantu mereka melakukan tugas sehari-hari. Dengan kepintaran dan keterampilan manusia robot tercipta, tapi apakah mungkin masa depan manusia nantinya ada di tangan robot? Itu mungkin saja terjadi, karena kita melihat dengan semakin majunya teknologi robotika, manusia akan terus mengembangkan robot yang hampir menyerupai manusia. Tidak hanya mirip tetapi tingkah-laku dari robot bisa menyerupai manusia pada umumnya.

Bagaimana hal itu bisa terjadi? Dengan teknologi yang begitu maju hal yang tidak mungkin akan menjadi mungkin. Anda mungkin pernah menonton film Terminator, film itu memperlihatkan bagaimana robot itu bertindak seperti manusia pada umumnya, dan robot itu juga mempunyai kulit yang sama seperti manusia yang terdiri dari jaringan hidup yang menempel diatas permukaan besi (robot itu sendiri). Dengan program yang dimasukan ke dalamnya, robot itu mempunyai satu tujuan yaitu untuk melindungi seorang anak yang nantinya dapat membawa kedamain bumi di masa depan.

Kita dapat melihat dari cerita film itu, robot pun bisa bertindak bijak untuk menyelamatkan seorang anak demi bumi. Robot ibarat air yang mengalir yang selalu mengikuti program yang di masukan di dalam sistemnya , jika program yang di masukan untuk tujuan yang benar maka robot itu sangat berguna bagi manusia dan jika program itu untuk tujuan yang salah maka robot akan menjadi musuh bagi kita, sehingga masa depan manusia pun akan terancam.

Ketika robot tercipta manusia hendaknya tidak terlalu tegantung pada robot, karena bila setiap pekerjaan manusia dilakukan oleh robot mungkin saja robot itu akan lebih pintar daripada manusia. Dengan kemajuan teknologi yang canggih di dalam robot di tanam suatu sensor perekam, dimana setiap pekerjaan yang di lakukannya akan terekam sehingga robot itu lama-kelamaan akan bisa belajar seperti manusia. Dengan belajar dari setiap tindakan manusia, robot akan bisa menciptakan robot yang baru, sehingga populasi manusia akan lebih sedikit dibandingkan dengan pupulasi robot.

Jadi apa yang harus manusia lakukan agar hal itu tidak terjadi? Manusia hendaknya belajar mengerti, memahami, dan menggunakan teknologi robotika dengan baik agar nantinya kehidupan manusia di masa depan tidak terancam oleh robot. Seperti yang telah saya katakan sebelumnya, robot ibarat air yang mengalir yang selalu bertindak sesuai dengan program yang dimasukan di dalam sistemnya.

karya :

Nyoman Parwa Dinawan



Leave a Reply

Security Code: